Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gandeng Intraco, Anak Usaha Pertamina Bidik Bisnis LNG di Bangladesh

Untuk itu, Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN Heru Setiawan dan Managing Director Intraco Refueling Station Ltd Mohammed Riyadh Ali menandatangani Memorandum of Understanding pengembangan suplai LNG dan infrastrukur gas bumi di Bangladesh, disaksikan Duta Besar Indonesia untuk Bangladesh dan Nepal Heru Subolo, Rabu (19/10/2022).

“Dalam kerja sama ini, ke depan diharapkan PGN akan berperan sebagai penyedia kargo LNG yang bisa menopang pertumbuhan ekonomi Bangladesh. Kolaborasi juga dilakukan untuk potensi pengembangan bisnis gas bumi lainnya di sektor transportasi gas, rumah tangga dan lainnya," jelas Heru Setiawan melalui keterangannya, Kamis (20/10/2022).

Menurut Heru, PGN berpengalaman mengelola bisnis midstream hingga downstream gas bumi, portofolio LNG domestik maupun internasional, serta berpengalaman dalam mengelola FSRU dan fasilitas LNG lainnya.

Sehingga, pihaknya berharap kerja sama ini dapat berlanjut sampai dengan tahap eksekusi secara komersial.

PGN juga memastikan bahwa pemenuhan energi dan implementasi potensi bisnis lainnya akan memberikan benefit baik bagi Indonesia maupun Bangladesh.

Sementara bagi Bangladesh, kerja sama ini akan mengarah pada ketahanan energi di Bangladesh sebagai salah satu sumber kekuatan ekonomi di Asia Selatan. Secara historis, gas bumi menjadi salah satu sumber energi utama yang diutilisasi lebih dari 60 persen di Bangladesh.

Pemenuhan gas bumi akan dikombinasikan dengan implementasi dan pengembangan teknologi serta komersialisasi pemanfaatan gas bumi sehingga akan mendorong Bangladesh ke level baru.

“Dengan pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi dan stabil sebesar 6 persen, pasar Bangladesh sangat terbuka bukan hanya di bidang migas namun juga kesempatan di bidang nonmigas.MoU ini juga semoga akan semakin meningkatkan relasi Indonesia dan Bangladesh,” ujar Heru Subolo.

https://money.kompas.com/read/2022/10/20/160544026/gandeng-intraco-anak-usaha-pertamina-bidik-bisnis-lng-di-bangladesh

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke