Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Inovasi Sido Muncul, Produk Alang Sari Kini Hadir dengan Kemasan Siap Minum

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk meluncurkan produk Alang Sari dengan kemasan ready to drink (RTD) atau siap minum. Inovasi ini dibuat untuk menyesuaikan produk dengan gaya hidup masyarakat yang praktis dan modern.

“Mulai hari ini, Alang Sari siap minum resmi hadir di pasaran,” tutur Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat pada acara peluncuran, Jumat (21/10/2022).

Sebagai informasi, Alang Sari merupakan minuman herbal yang punya khasiat membantu meredakan panas dalam disertai gejala sakit tenggorokan, seperti tenggorokan kering dan sariawan. Sebelumnya, produk ini hadir dengan kemasan serbuk dengan empat varian rasa, yakni jeruk nipis, jeruk manis, sirsak, dan herbal. Dalam kemasan siap minum, produk itu diberi nama Alang Sari Cool.

Irwan mengatakan bahwa inovasi Alang Sari siap minum merupakan bentuk kesiapan Sido Muncul menghadapi pasar Indonesia yang semakin maju. Salah satunya, melalui produk makanan dan minuman kemasan yang semakin praktis dikonsumsi.

“Nanti, sudah tidak ada lagi orang beli minuman serbuk. Maka dari itu, (inovasi ini merupakan) bentuk persiapan kami menuju pasar masa depan untuk menyambut Indonesia yang lebih maju dengan masuk ke kemasan RTD,” ujarnya.

Saat ini, Alang Sari Cool baru hadir dalam satu varian, yaitu jeruk nipis. Minuman kesehatan ini terbuat dari bahan alami, yakni akar alang, daun cincau, dan jeruk nipis.

Alang Sari jeruk nipis siap minum memiliki rasa segar yang tak jauh berbeda dengan versi kemasan serbuk. Agar lebih segar, minuman ini juga bisa dikonsumsi saat dingin.

Adapun minuman tersebut aman dikonsumsi oleh orang dewasa dan anak-anak dengan batasan konsumsi maksimal 3 botol per hari.

Untuk diketahui, Alang Sari Cool sudah tersedia di warung konvensional dan marketplace. Alang Sari Cool juga didistribusikan oleh PT Indomarco Adi Prima secara nasional.

Minuman tersebut dikemas dalam botol plastik berukuran 300 mililiter (ml) dan dibanderol Rp 8.000. Rencananya, produk ini juga akan hadir di pasar modern pada November 2022.

Bisnis masa depan ramah lingkungan

Irwan menjelaskan bahwa pihaknya berencana mengalihkan kemasan botol plastik Alang Sari menjadi kaleng pada 2023. Keputusan ini dipertimbangkan oleh pihaknya, mengingat bahan kaleng adalah material yang ramah lingkungan.

“Pertimbangannya adalah lingkungan karena alumunium itu bisa didaur ulang,” ujarnya.

Menurutnya, hal yang perlu dipikirkan menuju masa depan tidak hanya bisnis saja, tetapi juga kontribusi untuk tidak membebani atau merusak lingkungan.

Untuk mewujudkan rencana tersebut, Irwan mengaku bahwa Sido Muncul sudah mempersiapkan pabrik khusus di Semarang.

https://money.kompas.com/read/2022/10/21/193500126/inovasi-sido-muncul-produk-alang-sari-kini-hadir-dengan-kemasan-siap-minum

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke