Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER MONEY] BSU Tahap 6 Mulai Cair | BI Ungkap Alasan Indonesia Tidak Ikut Antre Jadi Pasien IMF

Bantuan subsidi upah (BSU) atau BLT subsidi gaji tahap 6 tahun 2022 akan mulai dicairkan hari ini, Jumat (21/10/2022).

Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Anwar Sanusi menjelaskan, berdasarkan verifikasi data penerima bantuan, BSU tahap 6 akan disalurkan kepada 4,4 juta pekerja.

"Kita baru saja selesai memadankan untuk data penerima BSU dari BPJS Ketenagakerjaan. Ada 5,2 juta data yang kami terima. Setelah kita verifikasi terdapat data 4,4 juta yang tidak sepadan dengan penerima bansos lainnya atau clear, bukan penerima program-program lainnya dan TNI, Polri, maupun PNS," ujar Anwar saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (21/10/2022).

Ia menambahkan, saat ini proses pencairan tengah menunggu finalisasi verifikasi beberapa bank himbara sebagai penyalur BSU.

Lalul bagaimana cara cek penerima BSU tahap 6 secara online?  Simak di sini

2. 28 Negara Antre Jadi Pasien IMF, BI Ungkap Alasan Indonesia Tidak Ikutan

Bank Indonesia (BI) mengungkapkan alasan Indonesia tidak menjadi salah satu negara yang mengantre pinjaman ke Dana Moneter Internasional (IMF).

Saat ini ada 28 negara antre jadi pasien IMF untuk memulihkan perekonomiannya.

Deputi Gubernur Senior BI Destry Damayanti mengatakan, Indonesia tidak menjadi pasien IMF karena kondisi perekonomian Indonesia masih baik dibandingkan dengan negara lain.

"Sudah ada 28 negara telah ajukan permintaan bantuan dari IMF. Bagaimana dengan Indonesia? Alhamdulilah sejauh ini kita masih dalam posisi yang cukup baik," ujarnya saat Peluncuran Buku Kajian Stabilitas Keuangan September 2022, Jumat (21/10/2022).

Selengkapnya baca di sini

3. Ari Lasso Kesal Ditinggal Pesawat di Bandara Singapura, Ini Klarifikasi Batik Air

Maskapai penerbangan Batik Air mengklarifikasi soal penanganan dan layanan penumpang berjadwal internasional nomor ID-7150 rute Bandara Internasional Changi, Singapura (SIN) tujuan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang (CGK).

Kejadian tersebut terjadi pada Rabu, 19 Oktober 2022. Hal ini sekaligus mengklarifikasi keluhan yang dilayangkan penumpang yang juga penyanyi papan atas Indonesia, Ari Lasso.

Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro, menjelaskan kejadian kurang mengenakkan yang disampaikan Ari Lasso disebabkan karena adanya penyesuaian jadwal penerbangan.

"Menanggapi keluhan dari salah satu penumpang atas nama Lasso, Ari Bernadus dan perkembangan berita, bahwa penerbangan ID-7150 mengalami penyesuaian jadwal keberangkatan menjadi pukul 19.35 (GMT+ 08) dari Singapura dikarenakan alasan operasional yaitu dampak dari cuaca kurang baik (bad weather) pada rotasi (pergerakan pesawat) rute sebelumnya," jelas Danang dalam keterangannya, Jumat (21/10/2022).

Simak selengkapnya di sini

4. Beda dari Era Susi, Kapal Maling Ikan Tak Ditenggelamkan, tapi Disumbangkan

Ganti menteri, ganti kebijakan. Ungkapan itu mungkin tepat menggambarkan soal perlakuan terhadap kapal pencuri ikan yang ditangkap di perairan Indonesia, termasuk penenggelaman kapal.

Sebagai informasi saja, penenggelaman kapal pencuri ikan yang telah inkrah pengadilan sudah diatur sejak lama, yakni melalui UU Nomor 45 tahun 2009 tentang Perikanan.

Aturan penenggelaman kapal cukup masif dilakukan di era Menteri Kelautan dan Perikanan 2014-2019, Susi Pudjiastuti. Alasannya untuk menimbulkan efek jera.

Setelah kursi Menteri Kelautan dan Perikanan beralih ke Edhy Prabowo, kebijakan penenggalaman kapal yang disita dari aktivitas illegal fishing tak lagi dilakukan.

Baca selengkapnya di sini

5. Suku Bunga Acuan BI Naik, Ini Sektor yang Akan Terdampak

Kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) akan memberikan dampak pada sektor riil dan pasar keuangan.

Ekonom Bank Permata Josua Pardede mengatakan, perubahan suku bunga acuan BI akan direspons oleh suku bunga Pasar Uang Antar Bank (PUAB) yang selanjutnya akan berpengaruh pada kenaikan suku bunga perbankan termasuk suku bunga kredit.

"Dampaknya pada perbankan, kenaikan suku bunga acuan BI diperkirakan berpotensi juga berdampak pada sektor riil dan pasar keuangan," ujarnya kepada Kompas.com, Jumat (21/10/2022).

Kendati demikian, penyesuaian suku bunga acuan BI yang baru ini akan ditransmisikan lebih lambat oleh perbankan ke bunga perbankan termasuk kredit modal kerja.

Selengkapnya simak di sini

https://money.kompas.com/read/2022/10/22/073600726/-populer-money-bsu-tahap-6-mulai-cair-bi-ungkap-alasan-indonesia-tidak-ikut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke