Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Peroleh Bantuan RJIT dari Kementan, Produktivitas Pertanian Poktan di Kolaka Timur Meningkat

KOMPAS.com – Kementerian Pertanian (Kementan) melalui program Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (RJIT) melakukan peningkatan produktivitas tanaman di Kecamatan Ladongi Jaya, Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara (Sulteng).

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, program tersebut dilakukan mengingat keberadaan air sangat penting untuk mendukung aktivitas pertanian.

"Melalui program RJIT, kami memastikan lahan-lahan pertanian bisa mendapatkan air yang mencukupi. Sebab, hanya dengan itu (meningkatkan keberadaan air) hasil panen berkualitas dapat berlimpah," katanya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (23/10/2022).

Direktur Jenderal (Dirjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Ali Jamil membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan, dalam memastikan seluruh lahan mendapatkan air yang mencukupi, pihaknya melakukan rehabilitasi jaringan irigasi, khususnya pada jaringan tersier.

“Rehabilitasi tersebut dilakukan untuk menambah luas lahan yang teraliri. Tujuannya, bukan hanya untuk menambahkan luas lahan yang terairi. Lebih dari itu, kami berharap, produktivitas pertanian pun dapat ditingkatkan," ujarnya.

Untuk diketahui, salah satu kegiatan program RJIT dari Direktorat Jenderal (Ditjen) PSP Kementan dilaksanakan oleh Kelompok Tani (Poktan) Sidodadi.

Di tempat tersebut, rata-rata produktivitas kelompok tani mencapai 7-8 ton per hektare dengan luas layanan oncoran sebesar 72 hektare dan indeks pertanaman (IP) mencapai 200, baik sebelum atau setelah RJIT dilakukan. Adapun hasil tani dapat dipanen sebanyak dua kali per tahun.

"Dengan bantuan RJIT, pemanfaatan air di lahan Poktan Sidodadi menjadi lebih efektif. Bahkan, tingkat produktivitas hasil tani varietas mekongga pernah mencapai 12 ton per hektare," terang Ali.

https://money.kompas.com/read/2022/10/23/155447226/peroleh-bantuan-rjit-dari-kementan-produktivitas-pertanian-poktan-di-kolaka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke