Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Konsisten Berinvestasi, Salah Satu Cara Memutus Rantai Generasi Sandwich

Sandwich generation pada dasarnya merujuk pada seseorang yang memiliki peran ganda untuk bertanggung jawab atas kehidupan generasi di atasnya, yakni orangtua atau keluarga yang membesarkannya, dan generasi di bawahnya, yaitu anak-anak alias keluarga yang sedang ia besarkan.

PR & Corporate Communication Lead Bibit.id William mengatakan, Bibit.id punya solusi yang niscaya bisa membantumu memutus mata rantai sandwich generation.

"Pertama-tama, kita perlu sama-sama menyadari, konsistensi dalam berinvestasi merupakan cara yang paling ampuh agar bisa mempersiapkan diri dalam menjawab kebutuhan keuangan yang berbeda-beda," kata dia dalam siaran pers, Senin (24/10/2022).

Ia menambahkan, fitur Nabung Rutin di Bibit ada supaya masyarakat bisa disiplin serta tidak lupa dalam berinvestasi.

Masyarakat bisa menggunakan metode pembayaran via GoPay atau Bank Jago untuk mengaktifkan fitur Nabung Rutin (autodebit).

Bagi yang menggunakan metode pembayaran lain, Bibit punya fitur reminder atau pengingat agar di tanggal yang sudah kamu tentukan, Bibit akan mengingatkan untuk berinvestasi.

William menjelaskan, filosofi di balik fitur Nabung Rutin adalah metode Dollar Cost Averaging (DCA), sebuah metode sederhana ketika masyarakat menginvestasikan jumlah uang yang sama setiap bulan ataupun setiap minggu.

"Dalam kaitannya dengan investasi reksa dana, metode DCA memungkinkan kamu membeli unit yang lebih banyak pada waktu harga turun dan lebih sedikit pada waktu harga naik. Tanpa harus peduli pada kondisi ekonomi. Tanpa peduli harga sedang naik atau turun," imbuh dia.

Selanjutnya, William bilang, ada juga fitur Goal Setting yang dapat digunakan untuk menjadikan investasi lebih terarah dalam rangka mencapai tujuan keuangan.

"Misalnya, apabila kamu berniat mengumpulkan dana pendidikan untuk lanjut S2 sebesar Rp 50 juta dalam waktu dua tahun ke depan atau ingin menyiapkan dana pensiun sebesar Rp 1 miliar dalam waktu 15 tahun ke depan, fitur Goal Setting Bibit dapat menghitungkan berapa jumlah uang yang perlu kamu investasikan setiap bulannya," tandas dia.

https://money.kompas.com/read/2022/10/24/194425626/konsisten-berinvestasi-salah-satu-cara-memutus-rantai-generasi-sandwich

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke