Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Per September 2022, Bank Mandiri Himpun Penerimaan Negara Rp 517 Triliun

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk telah menghimpun penerimaan negara sebesar Rp 517 triliun per September 2022, meningkat 32,5 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

Direktur Treasury dan International Banking Bank Mandiri Panji Irawan mengatakan, peningkatan penghimpunan penerimaan negara melalui Bank Mandiri ini dapat direalisasikan berkat aplikasi digital perseroan, yaitu Livin’ dan Kopra by Mandiri.

"Berkat Livin’ dan Kopra by Mandiri, antusiasme nasabah dalam membayar setoran kepada negara pun meningkat. Buktinya, hingga September 2022, penghimpunan penerimaan negara melalui Bank Mandiri telah mencapai Rp 517 triliun, naik 32,5 persen dari periode yang sama tahun lalu," ujarnya dalam keterangan resminya, Selasa (25/10/2022).

Oleh karenanya, dia bilang, Kementerian Keuangan pun menganugerahi perseroan dengan predikat Diamond dalam Collecting Agent Performance Award 2021 kategori BUMN yang merupakan penghargaan tertinggi atas realisasi volume penerimaan negara terbesar.

Penghargaan itu diserahkan oleh Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan Hadiyanto di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa, (25/10).

"Ke depan, kami percaya kehadiran dua layanan digital terkini tersebut akan semakin berkontribusi pada peningkatan penerimaan negara, karena jumlah pengguna yang terus meningkat dan pengembangan inovasi fitur keuangan, baik pada Livin’ maupun Kopra by Mandiri," ucapnya.

Selain itu, bank pelat merah ini juga terus merealisasikan peran sebagai mitra pemerintah yang konsisten mendukung pencapaian target-target pembangunan.

Atas keinginan tersebut, Bank Mandiri telah menyiapkan layanan keuangan terbaik untuk mengoptimalisasi penerimaan negara melalui penerapan Modul Penerimaan Negara Generasi ketiga (MPN G3) oleh Kementerian Keuangan.

Hasilnya, Bank Mandiri sebagai Collecting Agent penerimaan negara telah berkontribusi sebesar Rp 533 triliun atau sekitar 26,5 persen dari total realisasi penerimaan negara pada APBN 2021 yang mencapai Rp 2.011,3 triliun. Kontribusi tersebut meningkat 24 persen dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp 430 triliun

"Sejalan dengan keinginan menjadi mitra pemerintah terbaik, kami telah mengembangkan layanan super app Livin’ by Mandiri dan digital super platform Kopra by Mandiri yang mampu memudahkan nasabah retail dan wholesale dalam memenuhi kewajiban kepada negara. Pasalnya, layanan ini terhubung langsung dengan MPN G3 Kemenkeu sehingga monitoring dan pelaporan dapat dilakukan secara up to date," jelasnya.

Menurut Panji, kedua layanan digital tersebut memberikan kemudahan yang optimal bagi individu maupun pelaku usaha dalam membayarkan setoran kepada negara, karena dapat dilakukan dalam platform yang sama dengan sumber dana sehingga sangat praktis dan tidak perlu pindah ke aplikasi lain.

https://money.kompas.com/read/2022/10/25/220000726/per-september-2022-bank-mandiri-himpun-penerimaan-negara-rp-517-triliun-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke