Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fakta-fakta Soal Pesawat Lion Air yang Diduga Alami Kebakaran Mesin Saat Terbang

JAKARTA, KOMPAS.com - Pesawat Lion Air JT-330 rute Jakarta-Palembang diduga mengalami kebakaran mesin usai lepas landas pada Rabu (26/10/2022).

Permasalahan mesin pada pesawat ini sempat tertangkap kamera sehingga menjadi perbincangan publik. Dalam sejumlah foto yang beredar di media sosial, terlihat mesin sebelah kiri pesawat Lion Air tersebut mengeluarkan api saat berada di udara.

Di bagian keterangan foto disebutkan bahwa mesin tersebut terbakar, sampai akhirnya kembali ke landasan awal keberangkatan.

Pihak Lion Air pun memberikan penjelasan terkait dugaan kebakaran mesin tersebut. Berikut fakta-fakta terkait dugaan kebakaran mesin di pesawat Lion Air:

Pesawat Lion Air JT-330 Sudah Laik Terbang

Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan, penerbangan pesawat Lion Air JT-330 sudah sesuai dengan prosedur operasi standar.

Sebelum keberangkatan, kata Danang, pesawat Boeing 737-800NG registrasi PK-LKK dinyatakan layak dan aman dioperasikan melalui pengecekan awal (pre flight check).

"Setelah proses penanganan operasional, layanan penumpang dan kargo di darat selesai, Lion Air penerbangan JT-330 lepas landas pukul 17.13 WIB dengan membawa 6 kru dan 169 tamu (penumpang)," kata Danang dalam keterangannya, Rabu.

Ditemukan Masalah Mesin dan Kembali Mendarat

Danang mengatakan, proses mengudara berjalan normal dan pilot menjalankan pengoperasian pesawat berdasarkan prosedur.

Namun, kinerja salah satu mesin pesawat Lion Air tersebut dirasakan bermasalah pada saat ketinggian jelajah 3.000 kaki. Pilot menunjukkan perlu segera dilakukan pengecekan.

Sehingga, kata Danang, pilot memutuskan untuk kembali ke bandar udara asal (return to base) di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.

"Teknisi dan pilot melakukan pengecekan pada pesawat melalui tahapan kerja yang dijalankan menurut daftar kerja (check list) yang membutuhkan waktu. Untuk saat ini, Lion Air tidak dapat berspekulasi," tuturnya.

Penumpang Selamat dan Ganti Pesawat

Danang menyebutkan bahwa pesawat Lion Air JT-330 berhasil mendarat secara normal dan aman.

Tak hanya itu, proses penumpang keluar dari pesawat (disembark) dilakukan secara normal dan diarahkan untuk menuju ruang tunggu guna mendapatkan informasi lebih lanjut.

"Lion Air mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh penumpang atas ketidaknyamanan yang timbul," ucap Danang.

Danang mengatakan, piihaknya sudah memberikan informasi kepada semua penumpang bahwa penerbangan JT-330 dipersiapkan dengan menggunakan pesawat Lion Air yang lain.

"Penerbangan JT-330 selanjutnya dioperasikan dengan menggunakan Boeing 737-800NG registrasi PK-LOP. Pesawat telah berangkat pada pukul 19.20 WIB dan diperkirakan mendarat di Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badarudin II pukul 20.20 WIB," kata dia.

https://money.kompas.com/read/2022/10/27/081000726/fakta-fakta-soal-pesawat-lion-air-yang-diduga-alami-kebakaran-mesin-saat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke