Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hadapi Tantangan Kewirausahaan, Menaker Tawarkan Tiga Alternatif Ini

Hal tersebut merupakan bagian dari hasil pembahasan pada G20 Labour and Employment Ministers Meeting (G20 LEMM) yang diselenggarakan bulan lalu di Bali.

"Tawaran alternatif ini penting karena sebagaimana kita ketahui bahwa pandemi Covid-19 dan perlambatan ekonomi global telah memberikan tekanan yang cukup berat bagi dunia wirausaha," kata dia secara virtual pada acara G20 Entrepreneurship Roundtable Conference, dikutip lewat siaran pers Kementerian Ketenagakerjaan, Rabu (26/10/2022).

Adapun tawaran alternatif tersebut yang pertama adalah menciptakan iklim usaha yang kondusif melalui penyediaan infastruktur digital yang inklusif, kemudahan izin berusaha, dan fasilitasi bantuan menjadi usaha formal, baik dengan dukungan regulasi maupun insentif.

Kedua, masifikasi program kewirausahaan dan pelatihan wirausaha. Melalui penyediaan jejaring inkubator bisnis, pelatihan keterampilan digital dan manajamen usaha, maupun penerapan bisnis yang ramah lingkungan untuk menciptakan green entrepreneurship.

Ketiga, mendorong inklusi keuangan melalui kemudahan akses pembiayan wirausaha khususnya bagi perempuan, pemuda dan penyandang disabilitas.

Selain tiga poin tersebut, perlu juga adanya pemenuhan hak-hak dasar ketenagakerjaan, jaminan sosial, perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja, serta penguatan dialog sosial antara pelaku usaha dan pekerjanya.

Dalam kesempatan itu, Wakil Menteri Sumber Daya Manusia dan Jaminan Sosial China, Yu Jiadong mengatakan, Entrepreneurship Research Center on G20 Economies telah menjadi platform penting untuk berbagi wawasan dan bertukar praktik tentang promosi kewirausahaan.

Kemudian, memberikan dukungan bagi anggota G20 untuk meningkatkan kemampuan mereka. Yu Jiadong mencontohkan bahwa Pertemuan Menteri Tenaga Kerja dan Ketenagakerjaan G20 tahun ini mengangkat kewirausahaan berkelanjutan sebagai topik penting.

Rencana Aksi Kewirausahaan G20 yang dicapai oleh G20 LEMM pada 2016 dikombinasikan dengan situasi baru dan tantangan kewirausahaan global. Lebih mempromosikan kewirausahaan dan mendukung pengembangan usaha kecil dan menengah yang dianggap sebagai mesin penting untuk menciptakan pekerjaan yang lebih stabil.

"Kami meminta semua anggota G20 untuk memanfaatkan Pusat Penelitian Kewirausahaan Meja Bundar dan Kewirausahaan G20 dengan lebih baik tentang Ekonomi G20 sebagai platform untuk bertukar informasi dan praktik, memberikan kontribusi yang informatif, akademis, dan dukungan yang berdampak bagi pemulihan yang berorientasi pada manusia melalui kewirausahaan," katanya.

https://money.kompas.com/read/2022/10/27/101200026/hadapi-tantangan-kewirausahaan-menaker-tawarkan-tiga-alternatif-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke