Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingat, Ini Syarat dan Cara Ambil BSU 2022 di Kantor Pos

Pencairan BSU 2022 yang disalurkan oleh PT Pos Indonesia dilakukan setelah penyaluran BSU melalui Bank Himbara terselesaikan semuanya.

Untuk melakukan pengambilan BSU di kantor pos, pekerja atau buruh yang telah ditetapkan sebagai calon penerima BSU dapat melakukan pemantauan status penyaluran di laman Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), bsu.kemnaker.go.id.

Syarat dan cara ambil BSU di kantor pos

Para pekerja atau buruh yang telah ditetapkan sebagai calon penerima BSU 2022, dapat langsung mendatangi kantor pos setempat.

Pencairan BSU ini tetap dapat dilakukan meskipun alamat penerima BSU yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan tidak sesuai domisili.

Dalam melakukan pencairan BSU 2022, pekerja atau buruh dapat membawa persyaratan dokumen berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan menunjukkan tangkapan layar (screenshot) status penyaluran bantuan di portal SiapKerja atau laman bsu.kemnaker.go.id yang bertuliskan “BSU Anda Telah Disalurkan”.

Apabila situs tersebut tidak bisa diakses, pekerja atau buruh calon penerima bantuan bisa membawa surat keterangan sebagai penerima BSU dari perusahaan masing-masing.

Cara cek status penyaluran di laman Kemnaker

Untuk mengakses laman tersebut, Anda memerlukan akun yang bisa didaftarkan menggunakan NIK, nama lengkap, nama ibu kandung, alamat email, hingga nomor handphone untuk mengirimkan kode OTP verifikasi.

Setelah memiliki akun, cara cek status pencairan BSU 2022 di situs resmi Kemnaker sebagai berikut:

  1. Akses laman https://kemnaker.go.id
  2. Login atau masuk memakai akun yang telah didaftarkan
  3. Lengkapi profil biodata diri berupa foto profil, status pernikahan, tipe lokasi, dan lainnya
  4. Anda akan mendapatkan notifikasi berupa penetapan calon penerima, ditetapkan sebagai tahap penerima, dan status penyaluran BSU 2022.

Notifikasi status penyaluran BSU 2022 yang akan muncul di laman Kemnaker sebagai berikut:

“Halo, Dana BSU 2022 untukmu telah tersalurkan!"

Sebagai tambahan informasi, pengumuman mengenai BSU hanya disampaikan melalui laman bsu.kemnaker.go.id. Pengecekan secara resmi hanya bisa dilakukan lewat laman siapkerja.kemnaker.go.id dan hanya dapat diakses oleh yang bersangkutan.

https://money.kompas.com/read/2022/10/29/082501826/ingat-ini-syarat-dan-cara-ambil-bsu-2022-di-kantor-pos

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke