Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Catat Biaya Pembuatan STNK Baru 2022 untuk Mobil dan Motor

Besaran biaya pembuatan STNK motor baru berbeda dengan yang berlaku pada kendaraan roda empat atau mobil. Biaya pembuatan STNK mobil terbilang lebih mahal dari motor.

Sedangkan bagi pemilik kendaraan yang sudah memiliki STNK namun masa berlakunya akan habis, terdapat ketentuan terkait biaya perpanjang STNK 5 tahunan yang perlu diperhatikan.

Biaya perpanjang STNK dan ganti pelat nomor untuk kendaraan roda dua atau motor juga berbeda dengan biaya yang berlaku untuk kendaraan roda empat atau mobil.

Artikel ini akan memberikan ulasan mengenai hal tersebut, dikutip dari ketentuan perundang-undangan yang berlaku saat ini.

Perlu dicatat, biaya pembuatan STNK baru 2022 wajib dibayarkan karena merupakan pungutan resmi berupa Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Hal tersebut diatur dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 76 Tahun 2020 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Adapun biaya perpanjang STNK 5 tahunan untuk roda dua dan roda tiga juga sama, yakni sebesar Rp 100.000 per penerbitan setiap 5 tahun sekali.

Biaya pembuatan STNK mobil

Sementara itu, biaya pembuatan STNK mobil adalah Rp 200.000 per penerbitan. Ketentuan ini berlaku untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih.

Adapun untuk perpanjangan STNK 5 tahunan mobil, dikenakan biaya Rp 200.000 per penerbitan setiap 5 tahun sekali.

Biaya bikin pelat nomor

Bagi Anda yang mencari informasi seputar biaya perpanjang STNK dan ganti pelat nomor, terdapat ketentuan mengenai biaya Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau pelat nomor.

Berikut daftar biaya pembuatan pelat nomor yang berlaku untuk mobil dan motor selengkapnya:

Itulah ulasan terkait biaya pembuatan STNK baru 2022, lengkap dengan ketentuan biaya perpanjang STNK dan ganti pelat nomor untuk mobil dan motor.

https://money.kompas.com/read/2022/11/01/084549426/catat-biaya-pembuatan-stnk-baru-2022-untuk-mobil-dan-motor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke