Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bos LPS: Indonesia Pengalaman 4 Kali Hadapi Krisis, Tidak Usah Takut Resesi

Pasalnya, Indonesia sudah berpengalaman dalam mengadapi krisis ekonomi pada tahun 1998, 2008, 2015, dan 2020 sehingga saat ini Indonesia dianggap sudah belajar banyak dalam menangani krisis tersebut.

"Kita sudah cukup pintar sudah punya pengalaman 4 krisis. Sekali jeblok tapi yang tiga lainnya lumayan kan. Jadi tidak usah takut (krisis dan resesi), kita sudah cukup pintar," ujar Purbaya dalam Beginu G20 Episode 3 yang ditayangkan di YouTube Kompas.com, dikutip Selasa (1/11/2022).

Dampak gejolak ekonomi global ke RI tak sebesar yang digemborkan

Kendati demikian, bukan berarti gejolak ekonomi global tidak akan mempengaruhi Indonesia sama sekali, namun dampaknya tidak akan sebesar seperti yang digembar-gemborkan selama ini.

"Kalau ada yang kemarin bilang kita akan terdampak negatif sekali tahun depan gara-gara perekonomian global gonjang-ganjing, ya mungkin some extent betul, tapi tidak akan membuat negara kita krisis atau resesi berkepanjangan," ucapnya.

Oleh karenanya, Indonesia tetap harus waspada dan berhati-hati terhadap kondisi global yang berpotensi mempengaruhi perekonomian dalam negeri.

Namun, saat ini Indonesia sudah memiliki jurus jitu guna mengurangi dampak negatif dari gejolak global tersebut, yaitu melalui permintaan dalam negeri (domestic demand).

"Domestic demand", jurus pamungkas hadapi krisis 

Indonesia memiliki keunggulan dalam hal jumlah penduduk yang sangat banyak, sehingga tingkat domestic demand mencapai sekitar 80 persen atau jauh lebih besar dari permintaan luar negeri.

Hal inilah yang kata dia dapat menjadi jurus pamungkas untuk menjaga pertumbuhan ekonomi di kala perekonomian global tengah dilanda gejolak ketidakpastian.

"Kalau kita jaga domestic demand kita jaga, 80 persen saya pikir cukup untuk menjaga pertumbuhan ekonomi walaupun yang global ancur-ancuran. Jadi nasib kita sepertinya di tangan kita sendiri," tuturnya.

https://money.kompas.com/read/2022/11/01/150000226/bos-lps--indonesia-pengalaman-4-kali-hadapi-krisis-tidak-usah-takut-resesi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke