Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemenkop-UKM Bidik 5,8 Juta UMKM Masuk Ekosistem Digital pada 2024

Menteri Koperasi dan UKM (Menkop-UKM) Teten Masduki mengatakan, pada tahun 2023 target UMKM di daerah yang dapat melakukan transformasi digital adalah sebanyak 2,4 juta. Sementara, UMKM yang dapar bertransformasi digital melalui kementerian dan lembaga sebanyak 1,6 juta pada tahun 2023.

"Sementara targetnya pada tahun 2024 sebanyak 3,4 juta UMKM dapat bertransformasi digital. Sedangkan, dari kementerian dan lembaga dapat mencapai 2,4 juta UMKM," ujar dia dalam konferensi pers, Selasa (1/11/2022).

Dengan demikian, pada tahun 2024 total target UMKM yang dapat masuk dan bertransformasi dalam sistem digital mencapai 5,8 juta UMKM.

Melansir data Indonesian E-commerce Association (idEA), Teten bilang, saat ini sudah ada 20,5 juta UMKM yang mulai masuk ke ekosistem digital secara umum.

Artinya sisa 9,5 juta lagi UMKM yang ditargetkan bisa masuk dalam platform digital hingga tahun 2024.

Teten menjabarkan, pihaknya bersama kementerian lembaga dan platform digital melakukan rakor guna membahas beberapa hal yang krusial untuk mencapai target 30 juta UMKM onboarding digital.

Pertama, transformasi digital yang melibatkan beberapa kementerian lembaga dan daerah termasuk juga di platform digital industri, akan fokus kepada 7 kelompok UMKM dan 7 aspek transformasi digital KUMKM yang pelaksanaannya dikolaborasikan dengan platform digital dengan tiga level transformasi digital UMKM.

Selain itu, Teten bilang, pelaksanaan program dari kementerian dan lembaga, daerah, dan platform digital harus dilaporkan kepada KemenKopUKM.

Dengan begitu, pemerintah memiliki data by name by address untuk UMKM yang sudah "onboarding" digital.

“Kita juga memiliki pilot project integrasi sistem monitoring UMKM onboarding digital. Bahkan telah membentuk PMO (Project Management Office) sebagai upaya monitoring tersebut,” ucap Teten.

Di saat yang sama Kemenkop-UKM juga telah menyiapkan program Sistem Informasi Data Tunggal (SIDT).

Dengan begitu, Teten berharap, pada pekan ke-4 November tahun ini, semua kementerian dan lembaga daerah sudah menginput data atau memberikan update pencapaian program transformasi digital UMKM selama 2022 kepada KemenKopUKM.

“Ini penting untuk UMKM yang sudah terhubung dengan digital untuk diberdayakan. Bagaimana mereka nantinya bisa memperluas market dibantu platform," tandas dia.

https://money.kompas.com/read/2022/11/01/193300226/kemenkop-ukm-bidik-5-8-juta-umkm-masuk-ekosistem-digital-pada-2024

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+