Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BPOM Temukan 6.001 Link Jual Obat Sirup yang Tidak Aman Dikonsumsi di E-commerce

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menemukan ada 6.001 link yang menjual obat sirup yang dinyatakan tidak aman untuk dikonsumsi yang dijual di platform e-commerce.

Kepala BPOM Penny K Lukito mengatakan, penemuan ribuan seller tersebut ditemukan menyusul adanya patroli siber oleh BPOM untuk menulusuri obat sirup yang tidak memenuhi syarat (TMS) alias yang mengandung Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol ( DEG) yang berasal dari 4 produk pelarut yaitu Propilen Glikol, Polietilen Glikol, Sorbitol, dan Gliserin/Gliserol.

"Kami melakukan patroli siber pada 4 produk yang tidak memenuhi ketentuan tersebut, ada 6.001 link yg menjual yang teridentifikasi melakukan penjualan sirup obat yang dinyatakan tidak aman," ujar Penny dalam Raker dengan Komisi IX DPR RI, Rabu (2/11/2022).

Lebih lanjut Penny mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA) untuk melakukan penurunan atau take down terhadap link tersebut.

Adapun sebelumnya, BPOM kembali menemukan adanya obat yang mengandung cemaran etilen glikol (EG) melebihi ambang batas, yaitu parasetamol drop dan sirup buatan PT Afi Farma Pharmaceutical Industries (Afifarma).

Obat mengandung cemaran etilen glikol di atas ambang batas aman ini, diduga menjadi penyebab gagal ginjal akut pada anak.

Penny menyampaikan, PT Afi Farma dikenakan sanksi administrasi dan sanksi pidana karena pelanggarannya mengandung unsur pidana. Sanksi administrasi yang diberikan adalah penarikan dan pemusnahan terhadap 8 produk obat parasetamol PT Afi Farma.

"(Cemaran) melebihi standar sehingga kami hold untuk seluruh produk sediaan cair dari obat anak-anak, ini kamu hold semuanya. Dan dikenakan sanksi administrasi dan sanksi pidana dalam hal ini," ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2022/11/02/131000426/bpom-temukan-6.001-link-jual-obat-sirup-yang-tidak-aman-dikonsumsi-di-e

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke