Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemenparekraf Dorong Pelaku Ekraf Cari Alternatif Pembiayaan Lewat Pasar Modal

Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf Henky Manurung berniat mempertemukan para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif dengan alternatif sumber pembiayaan non-perbankan, misalnya melalui skema pembiayaan pasar modal.

Hal tersebut disampaikan dalam kegiatan Coaching Clinic KreatIPO di Kota Bogor, Jawa Barat.

“Potensi dan peluang yang begitu besar dari pasar modal ini diharapkan dapat mendorong dan mengakselerasi para pelaku usaha parekraf untuk dapat melantai di Bursa Efek Indonesia dengan skema penawaran umum perdana saham atau yang lebih dikenal dengan nama IPO,” ujar dia dalam siaran pers, Kamis (3/11/2022).

Ia menambahkan, saat ini pasar modal dibanjiri jutaan investor ritel.

Menurut Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), Henky bilang, jumlah investor ritel pasar modal telah menembus 8,62 juta investor per April 2022.

Jumlah ini naik 15,11 persen dibandingkan akhir Desember 2021 sepanjang tahun atau sebanyak 7,48 juta investor.

Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong pelaku usaha parekraf agar mengakses sumber pembiayaan melalui skema IPO.

Dengan begitu, bisnis atau usaha pariwisata dan ekonomi kreatif yang dijalankan dapat scaling-up dengan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Sementara itu, Direktur Akses Pembiayaan Kemenparekraf Anggara Hayun Anujuprana menceritakan, salah satu pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif yang telah melakukan IPO di tahun 2022 ini adalah PT Sari Kreasi Boga Tbk.

Perusahaan ini bergerak di bidang waralaba kebab makanan dan minuman. Pada 5 Agustus 2022 sukses melakukan proses Penawaran Umum Saham Perdana atau IPO di BEI.

PT Sari Kreasi Boga memiliki kode emiten RAFI dan secara resmi tercatat pada Papan Pengembangan BEI.

"Keberhasilan ini sekaligus menjadikan RAFI sebagai perusahaan ke-800 yang tercatat di BEI dan ke-34 di bursa yang sama pada tahun ini," imbuh dia.

Lainnya, pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif yang akan melakukan Penawaran Umum Saham di tahun 2022 ini adalah PT Puri Sentul Permai Tbk.

Perusahaan ini bergerak di bidang perhotelan, travel, dan restoran.

Perusahaan dengan kode emiten KDTN ini diperkirakan akan tercatat di Bursa Efek Indonesia pada 7 November 2022 dengan jumlah saham yang ditawarkan sebanyak 2,5 juta lot.

"Target capaian di penawaran umum perdana sebanyak Rp 35 miliar sampai Rp 40 miliar," pungkas dia.

https://money.kompas.com/read/2022/11/03/141728426/kemenparekraf-dorong-pelaku-ekraf-cari-alternatif-pembiayaan-lewat-pasar-modal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke