Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pertumbuhan Ekonomi di Atas 5 Persen, Indonesia Aman dari Resesi?

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan ekonomi Indonesia pada Kuartal IV-2021 sebesar 5,02 persen yoy dan stagnan pada kuartal I-2022.

Namun pertumbuhan ekonomi Indonesia kemudian menanjak naik di kuartal II-2022 menjadi 5,45 persen yoy dan kuartal-III-2022 menjadi 5,72 persen yoy.

Kepala BPS Margo Yuwono mengatakan, selama 4 kuartal belakangan tren pertumbuhan ekonomi Indonesia terus meningkat. Hal ini menunjukkan pemulihan ekonomi Indonesia terus berlanjut dan semakin kuat.

"Ini tentu saja merupakan pencapaian atau prestasi dari seluruh masyarakat Indonesia yang di tengah terpaan kondisi global yang semakin tidak menentu kita masih bisa menjaga pertumbuhan ekonomi kita dan bahkan trennya menunjukkan semakin menguat," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Senin (7/11/2022).

Kendati demikian, dia tidak dapat memastikan pertumbuhan ekonomi yang semakin baik ini menghapus ancaman resesi ke depannya.

Pasalnya, untuk memproyeksi hal tersebut, harus diketahui bagaimana tren perkembangan ekonomi global dan seperti apa harga komoditas global ke depannya. Lantaran kedua hal tersebut akan mempengaruhi ekspor Indonesia dan nilai tukar rupiah.

"BPS sudah melakukan proyeksi ke depan tapi untuk menganalisis lebih lanjut tentu saja ini perlu dikaji lebih mendalam," ucapnya.

Oleh karenanya, diharapkan kondisi global ke depannya akan terus membaik sehingga ekspor Indonesia semakin meningkat sehingga dapat melanjutkan pertumbuhan ekonomi ke depannya.

"Kita berharap bahwa kondisi global terus membaik," kata dia.

Pada kuartal III-2022, pertumbuhan ekonomi Indonesia dapat mencapau 5,72 persen lantaran mobilitas masyarakat yang semakin pulih dan upaya pemerintah menjaga daya beli masyarakat.

Adapum upaya pemerintah dalam menjaga daya beli masyarakat di antaranya ialah peningkatan realisasi program perlindungan sosial yang tumbuh sebesar 12,46 persen secara year on year dan peningkatan realisasi subsidi BBM sebesar 111,95 persen.

Sementara dari sisi global. pertumbuhan ekonomi Indonesia ditopang oleh pertumbuhan ekonomi mitra dagang utama dan harga sejumlah komoditas global yang mengalami kenaikan.

https://money.kompas.com/read/2022/11/07/140500026/pertumbuhan-ekonomi-di-atas-5-persen-indonesia-aman-dari-resesi-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke