Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Erick Thohir: Kita Perlu 10 Kota yang Sama Besarnya Seperti di AS

“Potensi pariwisata bisa sampai 12 persen (kontribusi terhadap PDB). Kita perlu 10 kota, yang sama besarnya seperti di Amerika. Di Amerika ada New York, Chicago, San Fransisco, Los Angels, kita belum,” kata Erick mengutip Instagram @erickthohir, Selasa (8/11/2022).

Erick Thohir mengatakan, tak cuma Bali saja yang merupakan pariwisata di Indonesia. Ada banyak lagi kawasan wisata yang tidak kalah menarik, seperti Labuan Bajo, Likupang, bahkan Jakarta.

“Jangan ada persepsi seakan akan Pemerintah Pusat meninggalkan Jakarta, Tidak. Kita mau hijaukan Monas lagi. Kalau kemarin, Asian Games kita bisa hijaukan,” ungkap dia.

Mantan Presiden Inter Milan ini mencontohkan, di Sarinah saat ini jumlah pengunjungnya telah mencapai 7 juta orang. Saat ini di Sarinah sudah ada public space, di depan, sehingga bisa menjadi alternatif pariwisata, khususnya di kota Jakarta.

“Sekarang Sarinah ramai, dan pengunjungnya sudah 7 juta. Ada public space, orang duduk-duduk, foto-foto, dan juga ada musiknya tiap malam, jadi bisa kita bangun,” jelas dia.

Erick Thohir juga menekankan pentingnya pengembangan baru, terutama yang berkaitan dengan integrasi. Seperti, pembangunan tol yang mengintegrasikan antar kawasan. Untuk itu, dia mendorong agar holding BUMN pariwisata InJourney bisa memiliki ekosistem untuk mendukung kegiatan pariwisata.

“Untuk itu, InJourney, industri pariwisata harus mempunyai ekosistem yang terintegrasi dari hulu ke hilir, baik dari sisi infrastruktur maupun kegiatan turunan pariwisata. Dengan ekosistem pariwisata yang terintegrasi, InsyaAllah akan meningkatkan pendapatan masyarakat,” tegas dia.

https://money.kompas.com/read/2022/11/08/194000926/erick-thohir--kita-perlu-10-kota-yang-sama-besarnya-seperti-di-as

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke