Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

OJK Sebut Bisnis Wealthtech Bakal Muncul Tahun 2023, Apa Itu?

Menurut dia, bisnis finansial di sektor wealtech dapat menjadi jalan keluar di tengah tantangan ekonomi di tahun depan.

“Ada prediksi bahwa tahun depan cukup sulit ya. Kita lihat trend sekarang yang sudah mulai satu klaster terbaru, bagaimana wealthtech ini akan mucul,” kata Triyono di Bali, Kamis (10/11/2022).

Triyono mengatakan, inovasi keuangan wealthtech mengagregasi layanan keuangan menjadi satu paket.

Dia mengungkapkan, wealthtech tak hanya meng-combine semua layanan menjadi satu, tapi juga merupakan layanan yang banyak di “drive” oleh konglomerasi di Indonesia.

Dia bilang, konglomerasi banyak memiliki big data yang berasal dari masing-masing industri dan diintegrasikan menjadi layanan terpadu bagi konsumen.

“Wealthtech yang main saat ini, ada Astra, yang banyak ditiru oleh konglomerasi. Ada juga yang sudah berbicara dengan kami, seperti MNC Group misalnya,” ujar dia.

Menurut Triyono, dengan tantangan di tahun depan yang cukup sulit, ekonomi digital diharapkan dapat menjadi jalan keluar. Digitalisasi juga diharapkan bisa menjadi engine yang cukup baik untuk pertumbuhan ekonomi.

“Saya melihat tahun depan dengan karakter Indonesia yang didorong oleh konsumsi dan bisnis yang kuat, rasanya digitalisasi masih menjadi tulang punggung,” lanjut dia.

Sistem pembayaran juga dinilai akan lebih berekspansi di tahun 2023. Namun demikian, masalah teknologi masih membayangi sistem pembayaran digital di tahun depan.

Hal ini masih berkaitan dengan isu keamanan data pribadi konsumen.

“Risiko wealthtech ini isu baru, karena kita disitu ada arrangement tentang pertukaran data. Bagaimanapun juga, ini menjadi salah satu objek perlindungan data pribadi tentu harus behati-hati,” tegas dia.

https://money.kompas.com/read/2022/11/10/180000026/ojk-sebut-bisnis-wealthtech-bakal-muncul-tahun-2023-apa-itu-

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke