Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kuartal III-2022, Laba Bersih Kencana Energi Meningkat 227 Persen

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kencana Energi Lestari Tbk (KEEN) emiten yang fokus di bidang pembangkit listrik dari sumber energi baru terbarukan (EBT)  mencetak kinerja positif sepanjang sembilan bulan pertama 2022. Kencana Energi meningkatkan laba bersih dibanding periode yang sama tahun lalu, sebesar 7,11 juta dollar AS.

Laba bersih per saham dasar Kencana Energi pun naik menjadi 0,0024 dollar AS dari sebelumnya hanya 0,0007 dollar AS.

Secara segmen, pendapatan proyek PLTM Ordi Hulu masih mendominasi pendapatan Kencana Energy dengan nilai 11,14 juta dollar AS, disusul pendapatan proyek PLTA Air Putih senilai 6,97 juta dollar AS, pendapatan proyek PLTA Pakkat senilai 4,82 juta dollar AS, dan pendapatan proyek PLTM Madong senilai 4,64 juta dollar AS.

Selain dari kontribusi pendapatan proyek konsesi PLTM Ordi Hulu yang sedang proses konstruksi dan diperkirakan akan mulai commercial operations date (COD) pada awal 2024, proyek PLTM Madong pun mulai mulai produksi penuh di akhir bulan Maret 2022.

“Ke depannya perseroan, memiliki potensi proyek PLTA dengan total kapasitas 200 MW di wilayah Sulawesi dan Sumatera. Selain ini, kami juga sekarang merencanakan ekspansi ke EBT baru yaitu dari potensi dua proyek PLTB dengan total kapasitas 162 MW di wilayah Sulawesi,” ujar Wakil Direktur Utama Kencana Energy Wilson Maknawi dalam keterangan tertulisnya, Jumat (11/11/2022).

Kencana Energi saat ini mencakup tiga pembangkit listrik tenaga air dan satu pembangkit listrik tenaga biomassa. Perseroan sedang melakukan proses konstruksi di proyek PLTM Ordi Hulu dan PLTS Tempilang, yang masing-masing akan mulai produksi (COD) pada kuartal I-2024 dan kuartal I-2023.

Sebagai informasi, Kencana Energi merupakan perusahaan penyedia energi baru terbarukan di Indonesia dan terus aktif mengembangkan bisnis ke seantero negeri, sejalan dengan visi perseroan menjadi penyedia energi baru terbarukan yang terdepan di Indonesia dan Asia Tenggara.

https://money.kompas.com/read/2022/11/11/210000126/kuartal-iii-2022-laba-bersih-kencana-energi-meningkat-227-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke