Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Putin Tak Hadiri KTT G20 Bali, Bakal Diwakili Menlu Rusia?

Kendati Putin tidak hadir, namun Menteri Keuangan (Menkeu) Rusia Anton Siluanov datang langsung ke Presidensi G20 Indonesia di Bali.

Dia bahkan telah mengikuti rangkaian acara G20, yaitu pertemuan menteri kesehatan dan menteri keuangan negara-negara G20 atau Joint Finance and Health Ministers' Meeting (JFHMM) terkait dana penanganan pandemi (pandemic fund) pada Sabtu (12/11/2022) malam.

"Rusia Menkeu-nya sudah datang, tapi Presiden Putin enggak datang," ungkap Direktur Eksekutif Bank Dunia untuk ASEAN Wempi Saputra saat ditemui di Hotel Mulia, Nusa Dua, Bali dikutip Minggu (13/11/2022).

Ia mengatakan, jika kepala negara tidak hadir secara fisik, umumnya kehadirannya digantikan oleh menteri luar negeri (menlu). Namun, Wempi mengaku belum mendapatkan konfirmasi kemungkinan Menlu Rusia Sergey Viktorovich Lavrov hadir KTT G20 di Bali.

"Tapi enggak tahu, apakah Menlu-nya (Rusia) datang atu enggak, biasanya yang wakilin Menlu. Ini yang baru datang Menkeu-nya," imbuh Mantan Staf Ahli Bidang Ekonomi Makro dan Keuangan Internasional itu.

Sebelumnya, Putin dipastikan tidak hadir secara langsung di KTT G20, menurut konfirmasi Kedutaan Besar Rusia di Jakarta kepada kantor berita AFP pada Kamis (10/11/2022).

"Dapat saya pastikan bahwa (Menteri Luar Negeri) Sergei Lavrov akan memimpin delegasi Rusia ke G20. Program Presiden Putin masih dalam proses, ia dapat berpartisipasi secara virtual," kata Yulia Tomskaya, kepala protokol Kedutaan Besar Rusia di Indonesia.

Sumber lain yang mengetahui rencana Rusia di KTT G20 menegaskan bahwa Putin akan digantikan Lavrov. Namun, dia tidak dapat memastikan apakah eks agen KGB tersebut akan hadir secara virtual.

Adapun absennya Putin di KTT G20 2022 tersebut, sekaligus mengakhiri spekulasi berbulan-bulan mengenai kehadirannya.

https://money.kompas.com/read/2022/11/13/114852726/putin-tak-hadiri-ktt-g20-bali-bakal-diwakili-menlu-rusia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke