Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Indonesia Bakal Pensiunkan PLTU, Pertama di Cirebon

PLTU Cirebon akan dipensiunkan memakai skema Energy Transition Mechanism (ETM) yang diluncurkan pada Senin (14/11/2022). Hal ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara PT PLN (Persero) dengan Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, Indonesia berkomitmen untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 32 persen dengan upaya sendiri atau 43 persen dengan dukungan internasional pada 2030. Maka mempensiunkan PLTU menjadi salah satu proyek untuk target energi bersih.

"Kami telah mengidentifikasi 15 GW PLTU untuk dipensiunkan lebih awal. Ini ukuran yang besar untuk menentukan aksi jangka pendek dan berarti untuk mempercepat transisi dari energi fosil ke energi bersih," ujarnya dalam dalam Grand Launching Indonesia's ETM di Hotel Movenpick, Jimbaran, Bali, Senin (14/11/2022).

"Sebagai pilot project, pemerintah Indonesia bersama Asian Development Bank (ADB) mempensiunkan PLTU Cirebon menggunakan skema ETM," Sambung dia.

Ia menjelaskan, pada tahap awal pemerintah Indonesia akan menggunakan skema ETM untuk mempensiunkan 2 GW PLTU. Indonesia pun telah mengantongi 500 juta dollar AS untuk komitmen pembiayaan melalui skema ETM tersebut.

"Tentu saja ini perlu perencanaan yang lebih matang baik secara finansial maupun teknologi yang akan dilakukan oleh PLN," kata Sri Mulyani.

Sementara itu, ADB sebagai partner utama pemerintah Indonesia dalam membentuk skema ETM, sepakat dengan PLN dan pemerintah Indonesia untuk mempensiunkan PLTU Cirebon sebagai pilot project.

Presiden ADB Masatsugu Asakawa mengatakan, PLTU Cirebon dipilih karena memiliki kombinasi kepemilikan yang merepresentasikan pemerintah Indonesia, maupun swasta, dan internasional. Adapun PLTU Cirebon dikelola oleh PT Cirebon Electric Power.

Pertimbangan lainnya, karena mempunyai struktur finansial yang sehat sehingga mudah untuk dilakukan pembiayaan ulang atau re-financing.

"Juga kami memperhatikan aspek ESG (environmental social governance) dalam sebuah proyek. Kami melihat proyek ini memiliki tanggung jawab sosial perusahaan yang memenuhi kriteria," ungkap dia.

Ia berharap, dengan adanya skema ETM ini bisa membantu pemerintah Indonesia dalam mencapai target transisi energi. ADB memastikan, bakal terus mendukung pemerintah Indonesia dalam mencapai target net zero emission.

"ADB percaya ini merupakan salah satu model kerja sama yang baik dan bisa diduplikasi maupun dicontoh oleh sektor swasta lainnya untuk bisa melakukan aksi yang sama," kata Asakawa.

https://money.kompas.com/read/2022/11/14/151026126/indonesia-bakal-pensiunkan-pltu-pertama-di-cirebon

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke