Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

FTX Bangkrut, Platform Transaksi Kripto di Indonesia Didorong Lakukan Audit Total

CEO Indodax Oscar Darmawan mengatakan, kebangkrutan FTX tentunya menjadi sentimen negatif bagi para investor kripto. Menurutnya, isu likuiditas yang dialami oleh FTX perlu menjadi perhatian khusus bagi para pelaku industri.

Ia pun mendorong kepada para pelaku industri untuk lebih transparan, mengingat keamanan aset investor dan transparansi merupakan hal yang sangat penting. Ini tujuannya agar platform transaksi kripto tetap dipercaya oleh komunitas.

"Indodax sudah berdiri hampir sembilan tahun lamanya dan kami selalu berusaha menjaga kepercayaan para member kami. Likuiditas kami lebih dari 100 persen baik dari kripto maupun rupiah," kata dia, dalam keterangannya, Selasa (15/11/2022).

"Sebagai pelaku industri saya juga berharap tidak ada exchange di Indonesia yang jatuh karena penyalahgunaan aset nasabah ini," tambahnya.

Berkaca pada isu FTX, Oscar pun menyarankan adanya audit total kepada crypto exchange Indonesia yang sudah terdaftar di Bappebti demi transparansi dan perlindungan kepada para member. Adapun audit yang dimaksud ialah audit exchange secara keseluruhan.

"Audit yang dilakukan oleh auditor yang paham cara blockchain berjalan jadi bukan sekedar pencatatan rupiah. Kita perlu melakukan penyamaan inventory kripto dan rupiah yang ada di orderbook dan saldo nasabah," tuturnya.


Fungsi audit untuk jaga kepercayaan member

Menurutnya, audit tersebut bukan hanya bukti atas ketersediaan atau reserve, tetapi juga bukti dari liabilitas, yang mencakup jumlah total deposit member yang tercatat dalam platform. Oscar mendorong seluruh pelaku industri melakukan langkah ini.

"Dan menyarankan pihak regulator dalam hal ini Bappebti untuk mewajibkan semua exchange untuk melakukan audit serupa," ujarnya.

Lebih lanjut Ia menjelaskan, dengan adanya audit secara keseluruhan, saldo member dari setiap exchange bisa dicocokkan dengan proof of reserve dari exchange tersebut baik dari nominal rupiahnya maupun jumlah kriptonya.

''Saya juga berharap Bappebti dapat segera memberikan aturan baru yang meminta exchange menunjukkan hasil audit ini dan dilakukan reguler tiap hari kalau perlu," ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2022/11/15/162301926/ftx-bangkrut-platform-transaksi-kripto-di-indonesia-didorong-lakukan-audit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke