Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER MONEY] Pemilik Hotel Apurva Kempinski Bali | Gaya Menteri PUPR Jadi Fotografer Dadakan

1. Siapa Pemilik Hotel Apurva Kempinski Bali Tempat KTT G20?

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 digelar di Bali setelah Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah. Rangkaian agenda pertemuan antar-kepala negara ini disebar merata di sejumlah hotel mewah di kawasan elit Nusa Dua.

Sejumlah pemimpin negara dari berbagai belahan dunia sudah berada di Bali sejak beberapa hari sebelumnya untuk mengikuti perhelatan akbar ini.

Dari seluruh rangkaian pertemuan yang akan digelar dalam dua hari, Hotel Apurva Kempinski, Nusa Dua, Bali akan menjadi venue utama. Hotel ini sendiri baru berusia 3 tahun atau dibuka pada 1 Februari 2019 lalu. Demi menopang event besar internasional seperti G20, terdapat beberapa ruangan memadai, misalnya Ruangan Candi yang dapat menampung hingga 1.000 orang.

Dikutip dari laman resmi Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Hotel Apurva Kempinski merupakan hotel yang dimiliki konglomerat Indonesia William Katuari.

Ia tak lain merupakan pemilik Wings Group, konglomerasi bisnis yang menjual aneka produk rumah tangga seperti sabun, deterjen, mi instan, minuman ringan, kopi, hingga jaringan minimarket.

Selengkapnya baca di sini

2. Apa Nama Mata Uang Resmi Negara Timor Leste?

Mata uang Timor Leste yaitu dollar Amerika Serikat (AS). Dengan begitu, nama mata uang Timor Leste adalah dollar AS.

Dollar AS menjadi mata uang resmi Timor Leste yang berlaku saat ini, sebagaimana dikutip dari laman resmi bank sentral Timor Leste (Banco Central de Timor-Leste) pada Rabu (16/11/2022).

Laman tersebut menegaskan bahwa dollar AS merupakan alat pembayaran yang sah untuk semua pembayaran yang dilakukan secara tunai.

Dengan kata lain, Timor Leste menjadi salah satu negara yang menggunakan mata uang dollar AS sebagai mata uang resmi di negaranya.

Sejalan dengan itu, sejak 10 November 2003 Banco Central de Timor-Leste mengeluarkan koin yang dikenal sebagai "centavos" yang dicetak khusus untuk digunakan di negara tersebut.

Selengkapnya baca di sini

3. Lion Air Maskapai Terburuk, Pengamat: Pembatalan Penerbangan Perlu Diperbaiki

Hasil survei platform perjalanan Bounce menyebutkan bahwa maskapai Lion Air dan Wings Air masuk dalam 10 maskapai terburuk di dunia.

Dikutip dari Kompas.com, Lion Air berada di peringkat pertama sebagai maskapai internasional terburuk dengan skor 0,72. Sementara Wings Air dengan skor 1,11.

Penilaian Lion Air berdasarkan pada tingkat kedatangan tepat waktu hanya 42,27 persen dengan persentase pembatalan penerbangan 34,43 persen.

Sedangkan, penilaian makanan dan hiburan hanya 1/5 dan kenyamanan kursi dan layanan pelanggan dengan skor 2/5.

Sementara itu, penilaian Wings Air berdasarkan kedatangan dan pembatalan serta ketepatan waktu masing-masing 49,78 persen dan 20,63 persen. Kemudian, untuk penilaian staf dan kenyamanan kursi 2/5 dan 1/5 untuk makanan dan hiburan.

Selengkapnya baca di sini

4. Bertopi Sambil Tenteng Kamera, Gaya Menteri PUPR Jadi "Fotografer Dadakan" di G20 Tahura Mangrove Bali

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mencuri perhatian saat menemani Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 ke Taman Hutan Raya (Tahuru) Mangrove Ngurah Rai Bali, Rabu (16/11/2022).

Pak Menteri Basuki, jadi "fotografer dadakan" dengan "outfit" yang meyakinkan. Pantauan Kompas.com melalui siaran Kompas TV, Menteri Basuki terlihat memakai baju putih, bertopi dan menenteng sebuah kamera bak fotografer official G20.

Uniknya, tampak topinya pun dibalik, terkesan benar-benar larut dengan pekerjaannya mengabadikan acara akbar tersebut.

Tak hanya itu, Menteri Basuki juga terpantau ikut bergabung dengan para fotografer official G20 dan sesekali sibuk memotret pemandangan Taman Hutan Mangrove Ngurah Rai Bali. Ia terlihat ikut berbincang dengan beberapa fotografer official G20.

Selengkapnya baca di sini

5. Saat Jokowi dan Xi Jinping Tepuk Tangan Saksikan Uji Dinamis Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Presiden Joko Widodo dan Presiden China Xi Jinping menyaksikan uji dinamis Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) secara virtual dalam rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, Rabu (16/11/2022).

Melalui layar telekonferensi, masinis KCJB Supriadi menyampaikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung siap melaksanakan uji dinamis.

"Lapor, Presiden Joko Widodo, CIT untuk Kereta Cepat Jakarta Bandung sudah siap dan inspeksi on track segera dilaksanakan, mohon instruksi," kata Supriadi dari Stasiun Tegalluar, Bandung.

"Laksanakan," kata Jokowi.

Selanjutnya, masinis memasuki kereta cepat abu-abu dan oranye itu dan mulai menjalankan kereta.

Selengkapnya baca di sini

https://money.kompas.com/read/2022/11/17/051000726/-populer-money-pemilik-hotel-apurva-kempinski-bali-gaya-menteri-pupr-jadi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke