Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Terpengaruh Kondisi Ekonomi Global Jadi Alasan GoTo PHK 1.300 Karyawan

JAKARTA, KOMPAS.com - Emiten teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) mengungkapkan alasan pemutusan hubungan kerja (PHK) 1.300 karyawan atau 12 persen dari total karyawan tetap pada Jumat (18/11/2022).

Manajemen GoTo mengatakan, GoTo PHK karyawan karena mengingat adanya tantangan makro ekonomi global yang berdampak signifikan bagi para pelaku usaha di seluruh dunia.

"GoTo, seperti layaknya perusahaan besar lainnya, perlu beradaptasi untuk memastikan kesiapan perusahaan menghadapi tantangan ke depan," demikian pernyataan resmi GoTo yang diterima Kompas.com, Jumat (18/11/2022).

GoTo PHK karyawan karena keputusan ini tidak dapat dihindari agar perusahaan lebih cekatan dan mampu menjaga tingkat pertumbuhan sehingga terus memberikan dampak positif bagi jutaan konsumen, mitra pengemudi, dan pedagang.

Manajemen juga mengatakan, perusahaan harus mengakselerasi upaya untuk menjadi bisnis yang berdikari secara finansial dan tumbuh secara sustainable dalam jangka panjang.

"Hal ini dilakukan antara lain dengan memfokuskan diri pada layanan inti, yaitu on-demand, e-commerce dan financial technology," tulis GoTo.

Manajemen memastikan, karyawan yang terdampak PHK akan memperoleh paket kompensasi sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan di tiap negara di mana GoTo beroperasi.

GoTo juga memberikan sejumlah dukungan finansial, antara lain berupa tambahan satu bulan gaji, serta kompensasi pengganti periode pemberitahuan (notice in-lieu).

Selain itu, bagi karyawan terdampak berhak memiliki laptop yang saat ini mereka gunakan, mengakses berbagai program pelatihan, serta dapat bergabung ke direktori alumni GoTo, di mana perusahaan dapat memberikan rekomendasi kepada berbagai perusahaan dalam jaringan rekanan bisnis Grup GoTo.

"Tak hanya itu, ada fasilitas konseling karir, keuangan, dan psikologi akan tersedia sampai akhir bulan Mei 2023, GoTo juga memberikan dukungan pencarian kerja serta layanan konseling," tulis GoTo.

https://money.kompas.com/read/2022/11/18/134000926/terpengaruh-kondisi-ekonomi-global-jadi-alasan-goto-phk-1.300-karyawan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke