Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tahun 2022 Jadi Musim Dingin Kripto, Survei: Investor Tetap Optimistis

Tokenomy dan Indodax merilis laporan investor kripto di Indonesia tahun 2022 yang merupakan hasil analisis dari survei yang diadakan pada bulan September.

VP of Growth Tokenomy Muhammad Ikhwan bilang hasil survei itu menyebut, sebanyak 82 persen responden percaya aset kripto merupakan investasi masa depan.

Bahkan, menurut data, 1 dari 5 responden percaya, investasi kripto lebih baik dari investasi tradisional lainnya.

“Meski tahun 2022 menandai musim dingin kripto yang baru, ketika sebesar 2 triliun dollar lenyap dari kapitalisasi pasar,” kata di dalam keterangan resmi, dikutip Sabtu (19/11/2022).

Ia menambahkan, ada beberapa aset kripto yang diminati oleh investor.

Sebanyak 10 aset kripto yang paling diminati investor kripto di Indonesia tahun 2022 menurut hasil survei yakni BTC, ETH, BNB, DOGE, USD stablecoin, TRX, SHIB, ADA, XRP, dan LTC.

Hasil laporan survei juga menunjukkan adanya persistensi atau kegigihan dari investor di Indonesia dalam berinvestasi atau melakukan perdagangan kripto.

Adapun, sebanyak 88 persen responden menyatakan akan menambah investasi kripto mereka dalam 6 bulan ke depan.

“Apabila kita telaah lebih lanjut, bahkan responden yang menyatakan sedang dalam posisi merugi pun mayoritas juga ingin menambah investasi kripto mereka,” lanjut dia.

Meskipun adopsi aset kripto secara global perjalanannya masih jauh, 71 persen responden setuju stablecoin adalah masa depan pembayaran.

Selain itu, sebanyak 75 persen responden juga percaya akan adanya CBDC (Central Bank Digital Currency) di masa depan. Bahkan 61 persen responden menyatakan ingin menggunakan stablecoin untuk mengirimkan uang ke teman dan keluarga.

Untuk adopsi DeFi, 1 dari 3 responden pernah melakukan trading di platform DEX, tetapi hanya 1 dari 8 responden yang pernah menggunakan layanan pinjaman DeFi.

Melirik ke pasar NFT, sebanyak 31 persen responden menyatakan pernah berjual beli NFT, dan hanya 20 persen responden menyatakan tidak berminat. Sedangkan 48 persen responden yang belum pernah merambah NFT menunjukkan minat dalam NFT di masa depan.

Ikhwan juga menyebutkan, kepercayaan dan harapan investor yang besar terhadap masa depan Bitcoin dan aset kripto, dapat mendorong kembali sentimen bullish (tren menguat) pasar kripto di masa mendatang.

https://money.kompas.com/read/2022/11/19/181400326/tahun-2022-jadi-musim-dingin-kripto-survei--investor-tetap-optimistis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke