Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menko Airlangga Prediksi Prospek Industri Otomotif RI Cerah

Airlangga menyebut secara umum, perekonomian Indonesia terus tumbuh di atas lima persen. Bahkan pada kuartal ketiga tahun 2022 mencapai 5,7 persen. Padahal sejumlah negara tengah dilanda resesi ekonomi.

"Tentu salah satu yang pertumbuhan cukup tinggi adalah industri alat angkut atau industri otomotif, yang tumbuh 10,26 persen di kuartal ketiga. Artinya pertumbuhan sektor otomotif diatas pertumbuhan ekonomi nasional," kata Airlangga dalam sambutan peluncuran Kijang Innova Zenix di PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), KIIC, Karawang, Jawa Barat, Senin (21/11/2022).

Dari segi optimisme pelaku infustri otomotif, tambah Airlangga, pengkajian mutu produk (PMP) rata-rata di atas 51, 8 persen selama 14 bulan berturut turut.

Hal ini, kata Airlangga, menumbuhkan optimisme, mengingat potensi industri otomotif masih besar. 

Saat ini, lanjut Airlangga, rasio otomotif roda empat masih 99 per 1.000 penduduk. Nilai tersebut masih rendah dibanding negara-negara lain, termasuk Thailand.

"Jadi potensinya masih sangat besar," kata Airlangga.

Pemerintah, kata Airlangga, berharap Toyota mampu membangun rantai pasok industri pendungkung elektrisasi kendaraan.

Pemerintah, kata dia, juga menanti realisasi investasi sebesar 2 miliiar dollar AS atau Rp 38,3 triliun untuk lima tahun kedepan.

Innova Zenix ditargetkan diekspor ke 50 negara

Ia juga berharap Kijang Innova Zenix nantinya bisa diekspor ke 50 negara.

"Pemerintah sangat mendukung, mengucapkan selamat atas diluncurknanya kendaraan sejuta umat, Toyota Kijang (Innova hybrid)," kata Airlangga dalam sambutan pada peluncuran kendaran elektrifikasi Toyota Indonesia di PT TMMIN, Karawang International Industrial City (KIIC)

Sebagai dukungan, kata Airlangga, Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 55 tahun 2019, yang diantaranya memberikan insentif dan fasilitas bagi industri berbasis baterai, baik battery electric vechile (BEV), hybrid hingga full elektric vechile (EV).


Libatkan rantai pasok lokal

Bob Azam Direktur Hubungan Eksternal PT TMMIN mengatakan, Toyota Indonesia dengan menggandeng lebih dari 100 rantai pasok lokal lapis pertama, selain pemasok lokal lapis kedua dan ketiga dalam pengembangan Kijang Innova Zenix. Hal ini sebagai bukti Toyota Indonesia memberikan komitmen dan perhatian penuh bagi partisipasi aktif serta penguatan kedalaman industri otomotif nasional

Sejumlah 8 pemasok lokal juga terlibat dalam perakitan baterai Kijang Innova HEV di pabrik Karawang TMMIN.

“Kijang Innova Zenix menjadi bukti peningkatan kemampuan dan kualitas rantai pasok lokal memasuki era elektrifikasi, tanpa harus meninggalkan industri otomotif nasional yang selama ini telah mendukung perekonomian dan neraca dagang Indonesia,” ujar Azam.

Dalam produksinya, kata dia, Toyota Indonesia membangun kemitraan dengan pemasok lokal, termasuk dengan industri kecil dan menengah (IKM). Tujuannya agar dapat bersama-sama tumbuh dan meningkatkan kualitas guna memenuhi perkembangan industri otomotif dan kebutuhan pelanggan.

Bagian khusus ditugaskan untuk menangani masalah pembangunan pemasok, dari transfer keahlian, standar keselamatan, kualitas, efisiensi dan pengiriman, hingga fungsi kemampuan manajemen.

Selain itu, kat dia, TMMIN juga merangkul pemasok tingkat pertama untuk mentransfer pengetahuan ini ke pemasok mereka sehingga efek domino dapat tercapai.

Dari catatan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Karawang, realisasi investasi di Karawang didominasi dari industri mobil listrik yang jika ditotal dengan industri kendaraan bermotor dan alat transportasi lain.

Nilainya sebesar sebesar Rp 2,003 triliun hingga triwulan ketiga tahun 2022. Di urutan kedua ada industri kertas dan percetakan senilai Rp 1,96 triliun.

Adapun realisasi investasi sepanjang Januari hingga September 2022 sejumlah Rp 25,31 triliun. Rinciannya 19, 16 triliun untuk penanaman modal asing (PMA) dan Rp 6,15 triliun untuk penanaman modal dalam negeri (PMDN).

keyword foto: Toyota Indonesia Gandeng Rantai Pasok Lokal dalam Produksi Kijang Innova Zenix

https://money.kompas.com/read/2022/11/21/190000926/menko-airlangga-prediksi-prospek-industri-otomotif-ri-cerah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke