Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketidakpastian Ekonomi Global Buat Perusahaan Teknologi Ramai-ramai Lakukan PHK

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah perusahaan teknologi mengumumkan pemutusan hubungan kerja (PHK) secara masif. Mulai dari Shopee, TaniHub, hingga teranyar RuangGuru dan GoTo memutuskan untuk melakukan perampingan guna menekan biaya operasi perusahaan.

Direktur Eksekutif Indonesia ICT Institute Heru Sutadi mengatakan, salah satu penyebab fenomena PHK di industri teknologi saat ini ialah kondisi perekonomian global yang tidak menentu. Perlambatan laju perekonomian hingga ancaman resesi global, dinilai berdampak nyata terhadap industri teknologi.

"Banyak yang meramalkan 2023 ekonomi akan gelap, krisis berat ini memberikan dampak bagi startup untuk bersiap-siap menghadapi 2023," kata dia, kepada Kompas.com, Senin (21/11/2022).

Selain itu, Heru bilang, saat ini yang dialami sebagian startup di Indonesia adalah terjadinya pengurangan investasi dari investor di luar negeri. Para investor ini sudah mulai mengharapkan investasi yang mereka tanamkan kembali dan ditambah tidak ada lagi investasi baru.

Oleh karena itu, lanjut Heru, perusahaan rintisan di Indonesia mau tidak mau harus menjalankan usaha dengan lebih efisien dan mencari model pendanaan baru. Menurutnya, efisiensi yang dilakukan startup salah satunya melalui pemangkasan karyawan.

Adapun efisiensi yang dilakukan oleh sejumlah perusahaan yang memiliki mitra seperti GoTo, dinilai bisa membantu keberlangsungan ekosistem dan mitra yang ada di dalamnya. Selain itu, dengan lebih efisien maka langkah perusahaan dalam menjaga pangsa pasar maupun memperluas layanannya dapat lebih terbuka.

“Dengan adanya efisiensi atau mengurangi karyawannya, perusahaan bisa lebih efisien dalam menjalankan bisnisnya," katanya.

Sementara itu, Ekonom Pusat Inovasi dan Ekonomi Digital Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Izzudin Al Farras Adha mengatakan, sejatinya langkah efisiensi oleh berbagai perusahaan teknologi atau startup sudah dilakukan sejak awal tahun. Hal itu dapat dilihat dari promosi atau insentif yang dijalankan oleh perusahaan tersebut mulai berkurang.

“Jadi berbagai langkah efisiensi sebenarnya sudah dilakukan sebelum mereka mengurangi jumlah pekerja. Sehingga efisiensi ini memang cara yang paling realistis agar perusahaan sustainable,” ucap Farras.

https://money.kompas.com/read/2022/11/21/211000226/ketidakpastian-ekonomi-global-buat-perusahaan-teknologi-ramai-ramai-lakukan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke