Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Seputar Munas Hipmi 2022 di Solo, Apa Saja Agendanya?

Perlu dicatat, Hipmi adalah singkatan dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia. Kali ini, Hipmi menggelar Musyawarah Nasional (Munas) XVII dengan sejumlah agenda.

Dikutip dari akun Instagram @bpphipmi pada Selasa (22/11/2022), puncak Munas Hipmi 2022 berlangsung di Solo, Jawa Tengah pada 21-23 November.

Agenda utama Munas Hipmi XVII adalah untuk memilih Ketua Umum BPP Hipmi yang baru periode 2022-2025.

Dengan demikian, dalam Munas kali ini, sejumlah Calon Ketua Umum Hipmi akan dipilih untuk menahkodai organisasi tersebut di periode mendatang.

Munas Hipmi ricuh setelah dibuka Jokowi

Munas Hipmi 2022 secara resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (21/11/2022), di Ballroom Hotel Alila Solo, Jawa Tengah.

Jokowi hadir didampingi beberapa Menteri Kabinet Indonesia Maju antara lain Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, serta Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Selain itu, hadir pula sejumlah pejabat lembaga legislatif di antaranya Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani, hingga Ketua DPD RI Lanyalla Mattalitti.

Dari pejabat asal wilayah tuan rumah, hadir Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming.

Dalam sambutan pembukaannya, Presiden Jokowi sempat menyampaikan beberapa hal mengenai situasi perekonomian dan sedikit menyinggung perihal politik.

“Yang berkaitan dengan politik, saya hanya titip kepada calon-calon presiden, calon-calon wakil presiden yang juga hadir di sini. Saya tidak mau sebut siapa, tapi tadi secara blak-blakan Pak Menteri Investasi sudah sampaikan. Jadi, saya enggak usah mengulang,” ungkapnya.

“Saya titip, dalam kondisi dunia yang sangat rentan seperti ini kita harus semua menjaga agar kondusifitas situasi politik itu tetap adem kalau bisa, kalau enggak bisa paling banter ya hangat tapi jangan panas, karena situasinya tidak normal. Hati-hati, situasi dunia sedang tidak normal,” seru Jokowi.

Setelah resmi dibuka Jokowi, agenda Munas berlanjut. Munas kali ini dihadiri oleh lebih dari 1.500 pengusaha muda dari seluruh Indonesia tersebut sempat memanas.

Informasi yang dihimpun Kompas.com, kericuhan diwarnai dengan adu jotos itu terjadi di dalam ruang Munas yang terletak di Hotel Alila Solo.

Keributan ini terjadi saat Munas diskors karena kondisi sedang tidak kondusif akibat banyaknya interupsi, Senin (21/11/2022), sekitar pukul 23.00 WIB.

Korban berinisial MAA (40) warga Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, yang mengalami luka dan dibawa ke Rumah Sakit Dr Moewardi, Kota Solo.

Sementara itu, Ketua Organizing Committe (OC) Munas Hipmi XVII Muhammad Ali Affandi, saat dikonfirmasi, membenarkan adanya keributan tersebut.

"Ini lagi saya cek (penyebab), soalnya ada berbagai macam versi (kejadian)," kata Muhammad Ali Affandi, Selasa (22/11/2022).

Meskipun demikian, ia mengaku kericuhan ini terjadi di luar sidang pleno Munas, diduga adanya kesalahpahaman antarpeserta Munas.

"Kejadiannya ini sudah selesai sidang pleno ditutup. (Adu jotos) di jalan keluar, kayaknya sih kalau saya lihat, miskomunikasi, salah paham," ucapnya.

Calon Ketua Umum Hipmi

Sebagaimana telah dijelaskan, agenda utama Munas Hipmi XVII adalah untuk memilih Ketua Umum BPP Hipmi yang baru periode 2022-2025.

Ada 3 Calon Ketua Umum Hipmi yang masing-masing kader terbaik Hipmi dan semua di kepengurusan Hipmi dari tingkatan bawah sampai sekarang ini menjadi pengurus harian.

Mereka adalah Wakil Ketua Umum BPP Hipmi Akbar Himawan Buchari, Sekretaris Jenderal Hipmi Bagas Adhadirgha, dan Ketua Bidang Keuangan dan Perbankan BPP Hipmi Anggawira.

Sebelumnya, para kandidat telah melalui beberapa fase, termasuk mengikuti Debat Final Kandidat Caketum BPP HIPMI periode 2022-2025.

Hal tersebut ditandai dengan dipertemukannya kembali ketiga caketum dalam Debat Final yang dilaksanakan di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta belum lama ini.

Acara dikemas selama 1 jam dengan menghadirkan sejumlah panelis untuk menguji para kandidat. Keempat panelis tersebut adalah Ketua Umum BPP HIPMI Periode 1972-1973 yang juga Founder/Pendiri HIPMI Abdul Latief, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid, serta Ekonom yang juga Guru Besar Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (JIE FEB UB) Ahmad Erani .

Acara debat dibagi menjadi 4 sesi. Diawali dengan presentasi visi misi dan program kerja selama 1 menit. Sesi kedua pendalaman visi misi atau menjawab pertanyaan dari panelis selama 1 menit.

Sesi ketiga tanya jawab panelis selama masing-masing 1 menit, dan sesi keempat adalah antar caketum saling memberikan pertanyaan.

https://money.kompas.com/read/2022/11/22/155902826/seputar-munas-hipmi-2022-di-solo-apa-saja-agendanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke