Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jajal Profesi News Anchor, Mentan SYL Bacakan Berita Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Gempa Cianjur

Dalam kesempatan itu, Mentan SYL membacakan berita mengenai bantuan dari Kementerian Pertanian (Kementan) untuk korban gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat (Jabar).

“Kementan memberangkatkan bantuan kemanusiaan untuk korban bencana alam gempa bumi di Cianjur. Adapun bantuan yang diberikan, yakni sembako, pakaian layak pakai, selimut, tenda darurat, dan berbagai bantuan lain seperti beras serta kebutuhan pangan lainnya,” ujar Mentan SYL dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Kamis.

Mentan SYL menambahkan, bencana gempa bumi yang menimpa Kabupaten Cianjur adalah bencana kemanusiaan yang menggugah rasa persaudaraan, nasionalisme, dan empati terhadap mereka yang mengalami duka luar biasa.

Namun, disisi lain, bencana tersebut juga merupakan ujian bersama agar semua manusia bisa lebih meningkatkan keimanan dan ketakwaan.

“Begitu banyak rasa kemanusiaan, nasionalisme, persaudaraan kita yang harus tergugah dengan adanya bencana ini. Oleh karena itu, Kementan mengirim langsung belasan truk berisi bantuan kemanusiaan,” ujar Mentan SYL.

Dalam waktu dekat, lanjut Mentan SYL, pihaknya memastikan akan meninjau langsung titik lokasi yang menjadi pusat terbesar gempa di Cianjur dan menyiapkan tiga agenda untuk menangani bencana secara cepat dan tepat.

“Pertama, agenda darurat sebagai bagian yang men-support masyarakat di lokasi bencana. Kedua, agenda temporary sebagai upaya kita untuk menyelamatkan apa yang ada. Ketiga, agenda permen sebagai bagian dari sistem dalam mengembalikan semua ekosistem pertanian yang harus menunjang masyarakat di Cianjur,” kata Mentan SYL.

Terakhir, Mentan SYL mengajak semua orang Indonesia, khususnya kalangan orang-orang kaya, agar mau menyisihkan rezeki mereka melalui bantuan kemanusiaan.

“Saya kira orang-orang kaya atau berada harus memiliki empati kemanusiaan dan persaudaraan,” ucapnya.

https://money.kompas.com/read/2022/11/24/203912526/jajal-profesi-news-anchor-mentan-syl-bacakan-berita-bantuan-kemanusiaan-untuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke