Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Digelar di Sleman, Jambore Kewirausahaan 2022 Jalin Pemasaran dan Kemitraan UMKM

Jambore Nasional Kewirausahaan Sosial 2022 merupakan bagian dari pembinaan terhadap para pelaku usaha mikro yang dirintis melalui program usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera (UPPKS).

Program ini telah lama dirintis dan dikembangkan oleh Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), didukung oleh dinas dan badan terkait di level provinsi dan kabupaten/kota. Dalam jambore nantinya digelar talk show dengan menghadirkan sejumlah narasumber yang kompeten.

Hadir secara daring Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno. Hadir pula Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, Ketua DPRD DIY, Nuryadi, S.Pd, Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo, S.H., M.Ed., Kapolda DIY, Irjen Suwando Nainggolan, Ketua Umum Kadin DIY, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Mangkubumi, Komandan Korem (Danrem) 072/Pamungkas 072 diwakili Pasrem, Ketua TP-PKK Kabupaten Sleman, R.Ay Sri Hapsari Suprobo Dewi, SE dan Ketua Harian KADIN DIY Robby Kusumaharta.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno mengajak semua aspek untuk peka terhadap kondisi sekitar sehingga bisa beradaptasi dengan perkembangan jaman.

"Social Preneur kini menjadi upaya untuk mengkonversi permasalahan sosial menjadi peluang usaha yang dalam prakteknya membutuhkan kepekaan tinggi dalam permasalahan sosial serta terampil dalam mengatasi persoalan tersebut menggunakan kedekatan ekonomi," ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (25/11/2022).

Generasi muda juga diharapkan mampu beradaptasi dengan perkembangan jaman saat ini. Terutama mengikuti perkembangan teknologi.

"Generasi muda dihadarapkan mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan mempercepat literasi digital, semoga acara ini dapat berjalan lancar," umbuh Sandiaga Uno.

Tahun 2022 ini, Kabupaten Sleman dipilih menjadi lokasi kegiatan Jambore Nasional Kewirausahaan Sosial. Pameran dan gelar dagang produk unggulan ini digelar di lapangan Denggung, Kabupaten Sleman 24-26 November 2022.


Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa menyampaikan Jambore Nasional Kewirausahaan Sosial 2022 ini bertujuan memajukan usaha mikro dan usaha kecil. Sehingga acara ini penting bagi pelaku UMKM.

Acara ini juga menjadi kesempatan berharga bagi para pelaku usaha mikro dan kecil dapat memamerkan produknya.

"Acara itu menyediakan peluang yang sangat bagus bagi para pelaku usaha mikro untuk memasarkan, mengembangkan pasar, dan mengembangkan jejaring," ucap Danang Maharsa.

Sementara itu, GKR Mangkubumi dalam sambutannya mengatakan selama pandemi menjadi kondisi yang sulit bagi UKM. Sehingga saat ini yang terpenting salah satunya adalah melakukan pendampingan dan memberikan dukungan.

"Yang paling utama adalah bagaimana kita mendukung, mensupport, mendampingi dan juga tentunya sudah hampir 3 tahun selama pandemi ini cukup sulit bagi UKM, nah beberapa waktu ini sudah mulai bangkit dan sudah kita rasakan baik UKM dan juga pariwisata di Jogja di DIY ini tapi kalau kita ngelihat situasi kedepan kayanya masa sulit sudah ada di depan kita lagi, mudah mudahan masa sulit tidak seperti yang kita bayangkan. Tentunya support dari bapak ibu semua itu terus menerus mendukung UKM yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta," terang GKR.

Di dalam sambutanya GKR Mangkubumi juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh stakeholder yang terlibat sehingga bisa terselenggaranya Jambore Nasional Kewirausahaan Sosial 2022.

https://money.kompas.com/read/2022/11/25/145000126/digelar-di-sleman-jambore-kewirausahaan-2022-jalin-pemasaran-dan-kemitraan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke