Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

AP II Yakin Jumlah Penumpang Pesawat Capai 72 Juta Tahun Depan

"Untuk tahun depan akan tembus kembali trafik penumpang di tahun 2023, batas psikologis baru yang ingin kita tembus adalah 70 juta (penumpang). Kita akan mencoba tembus diangka itu, persisnya di 72 juta (penumpang)," ucapnya di Jakarta, Jumat (25/11/2022).

"Tahun depan, regardless. Regardless saya sebut mengabaikan prediksi global resesi, ada prediksi kontraksi ekonomi, ada prediksi antisipatif terhadap pandemi yang belum berakhir, kami sudah membuat formulasi," sambungnya.

Meski begitu, AP II mengakui tak mudah bisa mencapai target 72 juta penumpang. Oleh karena itu, AP II berharap adanya dukungan dari berbagai pihak terkait, termasuk kolaborasi serta sinergi dari kementerian atau lembaga.

"Kami kembali lagi, ini tidak mudah. Perlu kerja keras dukungan regulasi, dukungan dari semua sektor, satu lagi syarat yang perlu dibangun adalah komitmen tentang sinergi dan kolaborasi sistem transportasi angkutan udara dan sektor kementerian atau lembaga yang menangani ini," ujar Awaluddin.

Di sisi lain, ia bersyukur hingga akhir tahun ini ada 20 bandara dikelola AP II. Sebelumnya sempat ada penundaan layanan penerbangan di beberapa daerah, seperti di Purbalingga dan Bandara Internasional Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.

"Pada akhir tahun ini yang patut kita syukuri, 20 bandara itu hari ini kita bisa declare, semua statusnya in operation. Kalau sebelumnya, adakah bandara dalam tidak operation? ada di Purbalingga, Halim-Purbalingga hari ini sudah melayani penerbangan tiga kali seminggu. Kertajati ada, layani penerbangan umrah mulai 20 November," ucapnya.

https://money.kompas.com/read/2022/11/25/192449526/ap-ii-yakin-jumlah-penumpang-pesawat-capai-72-juta-tahun-depan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke