Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

11 Kelompok Tani di Aceh Besar Dapat Bantuan Alsintan dari Kementan

KOMPAS.com – Sebanyak 11 kelompok tani di Kabupaten Aceh Besar, Aceh, mendapatkan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) dari Kementerian Pertanian (Kementan), Sabtu (26/11/2022).

Bantuan diserahkan di kompleks Gedung Mekanisasi Alat dan Mesin Pertanian di Kecamatan Kuta Malaka, Kabupaten Aceh Besar.

Adapun alsintan yang diberikan Kementan mencakup hand traktor singkal, pompa air, cultivator Ishoku IC 800, mesin penggerak Shark SP200, serta hand sprayer.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) berharap, bantuan tersebut dapat mendukung modernisasi pertanian di wilayah itu.

"Kementerian Pertanian akan terus mewujudkan pertanian yang maju, mandiri, dan modern. Hal ini diwujudkan melalui alsintan,” ujar Mentan SYL dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu.

Senada dengan Mentan SYL, Direktur Jenderal (Dirjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Ali Jamil menilai bahwa modernisasi pertanian dapat diwujudkan dengan pemanfaatan teknologi, termasuk alsintan.

“Kami mengajak petani untuk beralih dari cara konvensional ke pertanian modern,” ucap Ali.

Ali menambahkan, alsintan akan memudahkan dan membantu petani untuk meningkatkan indeks pertanaman. Pada akhirnya, hal ini akan meningkatkan pendapatan mereka.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Kabupaten Aceh Besar Jakfar menuturkan, bantuan alsintan itu merupakan wujud kepedulian dan respons Mentan saat melakukan kunjungan kerja ke Blang Miro, Kecamatan Simpang Tiga, Sabtu (4/3/2022).

“Alhamdulillah, Pak Mentan peduli (kepada petani setempat). Bantuan ini sangat berguna bagi petani,” imbuh Jakfar.

https://money.kompas.com/read/2022/11/26/121400626/11-kelompok-tani-di-aceh-besar-dapat-bantuan-alsintan-dari-kementan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke