Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gandeng eFishery, Amartha Bakal Salurkan Modal Rp 100 Miliar untuk Pembudi Daya Ikan

Dalam kerja sama ini, Amartha berencana menyalurkan permodalan senilai Rp 100 miliar bagi pembudi daya ikan binaan eFishery. Besaran pinjaman yang akan diberikan mulai dari Rp 3 juta-Rp 100 juta per orang.

Founder & CEO Amartha Andi Taufan Garuda Putra mengatakan, pihaknya menjangkau segmen pasar yang lebih masif dengan memberikan akses modal bagi para pembudi daya ikan.

"Melalui kerja sama ini, kami berharap dapat mendorong peningkatan ketahanan pangan serta peningkatan nutrisi bagi jutaan keluarga di Indonesia, sehingga semakin banyak pelaku UMKM di sektor perikanan yang dapat meningkatkan kesejahteraan serta taraf hidupnya lewat akses permodalan," ujar dia dalam siaran pers, dikutip Rabu (30/11/2022).

Ia menjelaskan, selama ini Amartha menggunakan sistem tanggung renteng dalam menyalurkan permodalan bagi perempuan pelaku usaha ultra mikro.

Namun demikian, kerja sama dengan eFishery tidak menggunakan konsep serupa. Para pembudi daya ikan dapat mengajukan pinjaman yang nantinya digunakan untuk membeli peralatan budi daya ikan dari eFishery.

Pelaku usaha budi daya ikan juga memiliki tenor pinjaman yang berbeda dengan kebanyakan mitra perempuan pengusaha ultra mikro binaan Amartha.

Lewat program Kabayan, pembudi daya ikan dapat memilih tenor pinjaman 1-6 bulan. Pengukuran risiko akan dilakukan oleh Amartha dengan bantuan machine learning, yang nantinya menghasilkan credit scoring akurat bagi para peminjam.

Sementara itu, CEO & Co-Founder eFishery Gibran Huzaifah menjelaskan, pembudi daya ikan merupakan pekerja sektor nonformal.

Mereka sering merasa kesulitan mendapatkan akses permodalan dari lembaga bank sehingga eFishery menghadirkan program eFisheryFund untuk membuka akses keuangan.

"Kolaborasi ini diharapkan akan membawa angin segar bagi para pembudi daya ikan agar bisnis mereka dapat meningkatkan kualitas produksi dan menambah pendapatan,” ujar dia.

Terkait pelaksanaan teknisnya, Gibran menyebutkan, pelaku usaha budi daya ikan ataupun konsumen B2B dapat mengajukan pinjaman lewat platform eFisheryFund.

Kemudian, Amartha akan melakukan verifikasi dengan mengukur skor kredit pelaku usaha ultramikro dan mendistribusikan pinjaman lewat eFishery.

Dengan begitu, sistem ini memudahkan peminjam untuk mengakses layanan keuangan.

https://money.kompas.com/read/2022/11/30/112000626/gandeng-efishery-amartha-bakal-salurkan-modal-rp-100-miliar-untuk-pembudi-daya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke