Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BI Lakukan Penyesuaian Kegiatan Operasional Selama Libur Natal dan Tahun Baru 2023

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) menyesuaikan jadwal kegiatan operasional jelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2023. Hal ini mengacu pada pedoman pemerintah terkait Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2022.

Penyesuaian tersebut meliputi layanan Sistem Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS), Bank Indonesia Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS), dan Bank Indonesia Electronic Trading Platform (BI-ETP).

Selanjutnya, operasional Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI), layanan kas, transaksi moneter rupiah dan valas, operasional Jakarta Interbank Offered Rate (JIBOR) dan, Indonesia Overnight Index Average (IndONIA).

Pada 1-21 Desember 2022, layanan sistem BI-RTGS, BI-SSSS, dan BI-ETP diperpanjang 1 jam 30 menit, pada 22-29 Desember 2022 diperpanjang 2 jam 30 menit, dan pada 30 Desember 2022 diperpanjang 7 jam.

Sedangkan layanan SKNBI untuk layanan transfer dana dan pembayaran reguler pada 1-21 Desember 2022 diperpanjang 1 jam 30 menit, pada 22-29 Desember 2022 diperpanjang 2 jam 30 menit, dan pada 30 Desember 2022 diperpanjang 7 jam.

"Mulai tanggal 2 Januari 2023 layanan transaksi melalui Sistem BI-RTGS, BI-SSSS, BI-ETP, dan SKNBI kembali diadakan sesuai jadwal operasional yang berlaku pada masa pandemi," ujar Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam keterangan tertulis, Rabu (1/11/2022).

"Transaksi yang berkaitan dengan transaksi setelmen pemerintah mengacu pada jadwal tersebut," tambahnya.

Demikian juga untuk layanan kas, bank sentral memberlakukan jadwal khusus untuk layanan kas, baik penyetoran atau penarikan, penukaran uang rusak, penjualan uang rupiah khusus, klarifikasi uang rupiah yang diragukan keasliannya, kas keliling baik yang wholesale maupun untuk wilayah 3T (terdepan, terluar, terpencil).

"Tanggal 27-30 Desember 2022 seluruh kegiatan layanan kas tidak beroperasi. Layanan kas akan dibuka kembali Senin, 2 Januari 2023," kata Erwin.

Selanjutnya, untuk transaksi moneter rupiah selama 1-30 Desember 2022. Untuk layanan term repo konvensional, PaSBI, reverse repo surat berharga negara (RR SBN), dan sukuk BI masih sesuai jadwal operasional reguler.

Sementara, untuk layanan fine tune atau term deposit dan repo dan jual atau beli SBN di pasar sekunder, dan early redemption TD dapat dilakukan setiap hari di waktu yang sama seperti biasanya.

Namun, untuk layanan deposit facility atau fasilitas simpanan BI Syariah (FASBIS) dan lending facility (FLisBI) diperpanjang 1 jam hingga pukul 17.00 WIB.

"Mulai tanggal 2 Januari 2023, transaksi operasi moneter Rupiah dilakukan sesuai jadwal semula," ucapnya.

Erwin menjelaskan, untuk layanan transaksi operasi moneter valas tidak ada penyesuaian sehingga masih berlaku sebagaimana jadwal yang berlaku seperti biasanya.

Adapun JIBOR, IndONIA, dan JISDOR tetap dipublikasikan setiap hari kerja. Penyampaian kuotasi JIBOR oleh bank kontributor juga dilakukan setiap hari kerja.

"Selanjutnya, pelaksanaan kegiatan operasional perbankan menjadi pertimbangan dan kewenangan masing-masing bank," tuturnya.

Jika ingin melihat jadwal kegiatan operasional BI jelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2023, dapat dilihat di laman berikut https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/news-release/Pages/sp_2432422.aspx.

https://money.kompas.com/read/2022/12/01/204000526/bi-lakukan-penyesuaian-kegiatan-operasional-selama-libur-natal-dan-tahun-baru

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke