Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Erick Thohir Instruksikan BUMN Pangan untuk Jaga Stok dan Harga Bahan Pokok Jelang Nataru

Dia mengatakan, pihanya telah menginstruksikan Holding BUMN Pangan ID Food untuk memonitor perkembangan ketersediaan bahan pokok menjelang Nataru.

"Kita tau tren kebutuhan bahan pokok saat akhir tahun akan mengalami peningkatan. BUMN harus hadir dalam memenuhi kebutuhan masyarakat," ujar Erick Thohir dalam siaran pers Jumat (2/12/2022).

Bersama Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Mantan Presiden Inter Milan itu turut mengunjungi Pasar Rasamala, Semarang, Jawa Tengah (Jateng) untuk memastikan ketersediaan dan harga bahan pokok yang terjangkau bagi masyarakat.

Dalam kunjungannya tersebut, Erick menyebut ketersediaan bahan pokok masih aman. Dia memastikan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Kemendag dan pemerintah daerah (Pemda) dalam mengantisipasi kenaikan harga bahan pokok jelang akhir tahun.

"Tadi Pak Mendag sudah sampaikan bahwa harga bawang, cabai merah keriting, tempe, masih tetap, bahkan harga ayam justru turun. Memang ada beberapa yang naik sedikit seperti cabai rawit dan telur. Secara keseluruhan, stoknya cukup, termasuk beras Bulog masih aman," ucap Erick.

Erick juga menyampaikan pemerintah berupaya keras dalam menjaga kebutuhan bahan pokok bagi masyarakat. Dia berjanji, akan turut membantu dalam menjaga kestabilan harga bahan pokok.

Sebagai sepertiga kekuatan ekonomi, dia mengatakan bahwa BUMN memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan pasar, apalagi ketika harga mengalami kenaikan.

Erick menyampaikan, BUMN juga siap melakukan operasi pasar dengan menggelar pasar murah di sejumlah daerah yang bekerja sama dengan pemerintah daerah.

"Itulah mengapa BUMN harus sehat. Karena, fungsinya ketika harga-harga naik, BUMN bisa hadir mengintervensi pasar sehingga membantu masyarakat mendapatkan harga bahan pokok yang lebih terjangkau. Kalau BUMN-nya tidak sehat, boro-boro mau bantu masyarakat," tegas Erick Thohir.

https://money.kompas.com/read/2022/12/02/131000626/erick-thohir-instruksikan-bumn-pangan-untuk-jaga-stok-dan-harga-bahan-pokok

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke