Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BI Bakal Gandeng 5 Negara ASEAN Permudah Sistem Pembayaran Antar Negara

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI) Filianingsih Hendarta mengatakan, pihaknya akan melakukan konektivitas pada sistem pembayaran dengan negara-negara di Asia Tenggara (ASEAN).

Ia mengatakan, pada tahap awal, ada lima negara ASEAN yang akan diajak untuk melakukan konektivitas sistem pembayaran yaitu, Singapura, Malaysia, Thailand dan Filipina dan Indonesia.

"Kita berharap bahwa untuk Asia Tenggara ini enggak cuma kita mau yang real di mana kita melakukan konektivitas, jadi dengan lima dengan Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina dan Indonesia," kata Filianingsih dalam podcast Birama secara virtual, Jumat (2/12/2022).

Filianingsih mengatakan, saat ini, sudah ada kerja sama sistem pembayaran mulai dari QR Code lintas negara (Indonesia dan Thailand), Fast Payment (Thailand dan Singapura), RTGS, dan local currency settlement.

"Kita pakai local currency, tidak pakai US Dollar, dari rupiah langsung ke baht," ujarnya.

Lebih lanjut, Filianingsih mengatakan, tak menutup kemungkinan kerja sama terkait sistem pembayaran tersebut dilakukan dengan negara di luar negara ASEAN.

"Mudah-mudahan ini bisa menjadi model bagi global, kita berharap G20 India akan meneruskan lalu," ucap dia.

Adapun dikutip dari Kontan.co.id, Lima bank sentral Asia Tenggara pada hari Senin (14/11/2022) menandatangani nota kesepahaman (MoU) tentang pembayaran lintas batas regional.

Penandatanganan dilakukan di Indonesia menjelang KTT G20 di Bali. Kelima negara ASEAN yang terlihat dalam perjanjian ini adalah Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Filipina.

Mengutip Channel News Asia, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, mengatakan konektivitas regional akan bekerja dengan menggunakan quick response (QR) code.

"Pembayaran lintas batas antara lima negara ASEAN akan terhubung tahun depan," kata Warjiyo.

Warjiyo juga menjelaskan bahwa mata uang lokal akan digunakan dalam transaksi di masa mendatang, sehingga negara-negara tidak perlu mengkonversinya menjadi dolar AS.

Saat ini Indonesia sudah menghubungkan sistem pembayarannya dengan Thailand lewat QR. Warjiyo bertekad untuk memperluas jaringannya ke negara lain.

https://money.kompas.com/read/2022/12/02/191000926/bi-bakal-gandeng-5-negara-asean-permudah-sistem-pembayaran-antar-negara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke