Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Volume Transaksi QRIS Bank Mandiri Tembus Rp 2,6 Triliun hingga Oktober 2022

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk mencatat volume transaksi QR Code Indonesian Standard (QRIS) sebesar Rp 2,6 triliun sampai dengan akhir Oktober 2022. Capaian ini tumbuh 520 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Peningkatan volume transaksi tersebut diiringi dengan peningkatan total transaksi yang telah mencapai 18,7 juta transaksi, meningkat 326 persen secara yoy.

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan, penggunaan QRIS sebagai alat transaksi merchant ini merupakan secara aktif perseroan mengakselerasi transaksi pembayaran non tunai untuk melengkapi layanan digital masyarakat dan nasabah.

Terlebih, saat ini QRIS Bank Mandiri juga digunakan mulai dari pedagang mikro, kecil, menengah dan besar pada berbagai sektor usaha. Termasuk digunakan untuk donasi sosial keagamaan di seluruh provinsi dan kabupaten/kotamadya.

Tercatat hingga akhir Oktober 2022, jumlah merchant Bank Mandiri telah menembus 4,6 juta merchant yang tersebar di seluruh Indonesia. Pencapaian tersebut telah meningkat signifikan dibandingkan akhir tahun 2021 dan telah melebihi target perluasan QRIS Bank Mandiri di tahun 2022.

"Melalui optimalisasi QRIS, pelaku usaha hingga masyarakat dipermudah dalam melakukan transaksi keuangan. Pedagang juga bisa dengan mudah memonitor hasil mutasi penjualannya dengan praktis dan cepat," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (2/12/2022).

Selain itu, Bank Mandiri sebagai salah satu Bank Appointed Cross Currency Dealer (ACCD) terus beradaptasi melakukan perubahan dan penyesuaian di tengah kondisi perekonomian yang penuh tantangan di beberapa waktu terakhir ini.

Oleh karenanya, dia bilang, Bank Mandiri terus berupaya mendukung pengembangan pasar valuta asing melalui transaksi LCS lewat pelayanan yang prima dan kemudahan melakukan transaksi bagi para nasabah.

Upaya tersebut kemudian menghasilkan realisasi volume transaksi LCS nasabah yang mengalami kenaikan sebesar 112,3 persen yoy per akhir November 2022.

Kemudian, Bank Mandiri menghasilkan realisasi volume transaksi Repo interbank Bank Mandiri yang tumbuh 25 persen yoy pada periode November 2022.

"Ini menjadi wujud komitmen Bank Mandiri untuk berkontribusi aktif dalam usaha pengembangan dan pendalaman pasar keuangan Indonesia khususnya transaksi repo, sesuai dengan Blueprint Pengembangan Pasar Uang (BPPU) Bank Indonesia 2025," tuturnya.

https://money.kompas.com/read/2022/12/02/194000526/volume-transaksi-qris-bank-mandiri-tembus-rp-2-6-triliun-hingga-oktober-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke