Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Banyak Universitas Asal Inggris Raya Tertarik Buka Kampus Cabang di Indonesia

Hal itu diketahui setelah adanya pertemuan antara Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto dengan Special Envoy dari Pemerintah United Kingdom Sir Steve Smith di Jakarta pada pekan lalu.

“Pada dasarnya dengan Kawasan Ekonomi Khusus kita bisa menyediakan fasilitas untuk universitas," ujar Airlangga dalam siaran persnya, Minggu (4/12/2022).

"Baik institusi Inggris ingin mendirikan universitas sendiri atau Anda ingin berkolaborasi dengan universitas yang ada. Jadi saya pikir kemitraan dan peluang bisa tersedia dan kita juga bisa mengarahkan ke Kawasan Ekonomi Khusus,” sambung dia.

Airlangga mengatakan, selain mengakselerasi pertumbuhan ekonomi, KEK juga diarahkan untuk mampu membangun nilai tambah atas penguasaan teknologi dan sumber daya manusia.

Ia menyampaikan peluang untuk membuka kampus cabang Inggris Raya di Indonesia terbuka lebar. Utamanya di 4 KEK yaitu KEK Nongsa, KEK Singhasari, KEK Lido, dan KEK Sanur.

Sementara itu, Sir Steve menyebut Indonesia jadi negara prioritas dalam hubungan kerja sama Pemerintah United Kingdom, khususnya dalam hal pendidikan tinggi.

Ia menyampaikan ketertarikan Pemerintah United Kingdom membawa 13 universitas dari United Kingdom untuk bekerja sama dan melihat potensi pengembangan kampus cabang di Indonesia.

“Kami menghadirkan 13 universitas, masih banyak lagi yang ingin datang. Kami secara khusus tertarik pada Kawasan Ekonomi Khusus,” kata Sir Steve.

Menurut Kemenko Perekonomian, Inggris Raya merupakan salah satu tujuan studi yang digemari pelajar Indonesia. Kata pemerintah, terdapat sekitar 3.000 pelajar Indonesia yang telah mendaftarkan diri di universitas-universitas yang berada di Inggris Raya.

Sir Steve mengatakan pendirian kampus cabang di Indonesia akan membuat masyarakat Indonesia lebih mudah mendapatkan pendidikan berkualitas tinggi. Selain itu, biayanya akan lebih murah dibandingkan harus kuliah di Inggris.

"Keuntungannya adalah Inggris bekerja sama dengan organisasi Indonesia dan dengan otoritas pengatur, universitas Inggris menjamin kualitasnya. Kualitasnya harus sama seperti di Inggris. Dan keuntungan lainnya adalah biayanya jelas jauh lebih rendah daripada siswa bepergian ke Inggris,” kata dia.

https://money.kompas.com/read/2022/12/05/132451626/banyak-universitas-asal-inggris-raya-tertarik-buka-kampus-cabang-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke