Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ajakan Luhut ke Para Delegasi AIS Forum: Kolaborasi di Masa Depan

AIS Forum menjadi ruang untuk menjembatani kolaborasi, memperkuat koordinasi sehingga masing-masing negara dapat secara strategis meningkatkan kapasitas, ketahanan dan memaksimalkan manfaat yang dimiliki untuk kebaikan rakyat, bangsa dan komunitas global.

“Terlepas dari keunikan yang kita miliki, saya yakin kita memiliki satu tujuan. Mari kita menandai malam yang damai ini sebagai sebuah niat yang baik untuk kolaborasi kita di masa depan,” katanya ketika memberikan sambutan dikutip dalam siaran pers Kemenko Marves.

Luhut mengutarakan bahwa kehadiran para delegasi pada acara AIS Forum menjadi sebuah bukti dedikasi dari masing-masing negara untuk mempererat kerja sama.

Di dunia yang selalu berubah, pertemuan ini menjadi harapan untuk dapat mengubah masa depan.

Lebih lanjut kata dia, sebagai penjaga wilayah lautan yang luas di dunia, komitmen dan tindakan hari ini penting bagi masa depan dunia. Lautan mengatur iklim, melestarikan cukup karbon dan menyediakan sejumlah besar sumber pangan bagi dunia

“Kita sebagai negara pulau dan kepulauan harus memastikan bahwa kita sebagai penggerak untuk mempercepat pemanfaatan keberlanjutan dan perlindungan laut dunia,” ujarnya.

“Melalui AIS Forum ini kita optimis untuk dapat menjadi masyarakat yang tangguh dan adaptif, yang mengandalkan pada kekuatan dan kemampuan kita sendiri untuk menghasilkan solusi. Kami telah berkomitmen untuk menghasilkan masa depan yang lebih baik melalui kolaborasi,” sambung Luhut.

Menurut dia, telah banyak kemajuan dan hasil positif yang dihasilkan, namun ada juga beberapa tantangan yang harus diatasi.

“Indonesia dalam hal ini memfasilitasi diskusi yang bermakna, kerja sama dan hasil yang positif dan kita telah berkomitmen untuk melanjutkan kontribusi sederhana untuk menciptakan secretariat yang efektif untuk lima tahun kedepan dan mengadakan pertemuan para pemimpin negara peserta AIS Forum sebagaimana diamanatkan dalam pertemuan menteri yang kedua,” pungkasnya.

https://money.kompas.com/read/2022/12/06/110110326/ajakan-luhut-ke-para-delegasi-ais-forum-kolaborasi-di-masa-depan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke