Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Erupsi Gunung Semeru, 3 Bandara Terdekat Beroperasi Normal

Adapun bandara di sekitar Gunung Semeru yaitu Bandara Abdulrachman Saleh, Bandara Banyuwangi, dan Bandara Juanda Surabaya.

Pelaksana Tugas (PLT) Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nur Isnin Istiartono mengatakan, pihaknya terus melakukan koordinasi dan monitoring secara intensif terkait perkembangan informasi terkini pasca-erupsi Gunung Semeru untuk memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan di bandara terdekat.

"Kami kemarin langsung berkoordinasi dengan Bandara Abdulrachman Saleh, Bandara Banyuwangi dan Bandara Juanda setelah kabar erupsi Gunung Semeru. Dari informasi yang diterima penerbangan masih berjalan normal," kata Isnin dalam keterangan tertulis, Selasa (6/12/2022).

Isnin mengatakan, dalam mengantisipasi letusan gunung berapi, Kemenhub sejak 2019 telah membangun sistem teknologi informasi berbasis web dalam penyediaan informasi aeronautika terpadu melalui I-WISH (Integrated Webbased aeronautical Information System Handling).

Sistem teknologi ini telah tertuang dalam Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor KP 153 Tahun 2019.

Ia menjelaskan, melalui sistem I-WISH, pihak terkait seperti AirNav Indonesia, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Kantor Otoritas Bandar Udara, Badan Usaha Angkutan Udara/Airlines, Badan Usaha Bandar Udara dan Penyelenggara Bandar Udara dapat menyampaikan seluruh informasi terkait penanganan abu vulkanik.

"Khusus Bandara Abdulrachman Saleh Malang, memang terdampak abu vulkanik namun tidak sampai membuat bandara tersebut ditutup, operasional penerbangan tetap berjalan normal. Kami akan terus melakukan monitoring secara intensif dan menyiapkan langkah mitigasi sesuai aturan," ujarnya.

Lebih lanjut, Isnin mengimbau Kantor Otoritas Bandara Udara Wilayah III Surabaya dan pihak terkait lainnya tetap siaga pasca-erupsi Gunung Semeru.

"Dan memantau perkembangan informasi terkini pasca-erupsi Gunung Semeru guna memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan," ucap dia.

Sebelumnya diberitakan, Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mengalami erupsi pada Minggu (4/12/2022) pukul 02.46 WIB.

Gunung Semeru memuntahkan abu vulkanik berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah tenggara dan selatan, setinggi lebih kurang 1,5 km di atas puncak.

Erupsi gunung Semeru kali ini bertepatan dengan satu tahun bencana erupsi Semeru.

https://money.kompas.com/read/2022/12/06/140824926/erupsi-gunung-semeru-3-bandara-terdekat-beroperasi-normal

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke