Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Stafsus Erick Thohir Bantah Isu KA Argo Parahyangan Akan "Disuntik Mati"

Arya mengatakan operasional KA Argo Parahyangan tidak akan dihentikan karena merupakan pilihan masyarakat menengah ke bawah. Sementra itu, untuk golongan menengah ke atas, masyarakat diberikan opsi untuk beralih ke Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

“Jadi, kalau dikatakan mengabaikan rakyat bawah enggak juga. Karena transportasi untuk ekonomi rakyat bawah dihapuskan enggak mungkin,” kata Arya di Kementerian BUMN, Selasa (6/12/2022).

Arya mengatakan, golongan kelas menegah atas lebih cenderung memperhitungkan efisiensi waktu dalam penggunaan transportasi, sehingga hadirnya kereta cepat dinilai mampu menjawab kebutuhan kelas menengah atas.

“Kalau kelas menengah atas dengan perbandingan (waktu) kan mikir. Bahkan yang (kereta) sleeper itu Rp 400.000 itu habis diambil juga. Kalau naik Argo Parahyangan eksekutif juga susah dapatnya, selalu full terus, dan orang menengah ke atas itu 2 jam ngaruh loh,” ungkap Arya.

Arya mengungkapkan, waktu tempuh Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang hanya sekitar satu jam dari Jakarta menuju Bandung diyakini akan menjadi pilihan bagi kelas menengah atas. Sementara mengenai tarif, masih dalam pembahasan di tingkat Kementerian Perhubungan.

“Kalau hitungannya sekitar satu jam sampai dari Jakarta ke Bandung. Nanti orang akan membandingkan, dan kelas menegah atas akan akan memilih, ya disesuaikan dengan kelasnya saja,” kata dia.

Arya menegaskan, Kereta Argo Parahyangan tetap ada untuk mengakomodir masyarakat ekonomi menengah ke bawah.

“(KCJB) akan membuat Jakarta Bandung jadi komuter, dan akan mengubah banyak perilaku dan budaya kita. Bayangkan (nanti) dari Bintaro ke Jakarta lebih lama daripada dari Bandung ke Jakarta,” ujar Arya.

https://money.kompas.com/read/2022/12/06/151046826/stafsus-erick-thohir-bantah-isu-ka-argo-parahyangan-akan-disuntik-mati

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke