Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tekanan terhadap IHSG Diproyeksi Berlanjut, Cermati Saham-saham Ini

Praktisi pasar modal sekaligus Founder WH Project William Hartanto menyebutkan, pergerakan IHSG kemarin mengkonfirmasi pergerakan downtred. Indikator teknikal MACD disebut sudah memperlihatkan sinyal downtrend terlebih dahulu, sebelum akhirnya mulai dead cross.

"Bahkan indikator ini tidak memerlukan penurunan saham GOTO maupun TLKM yang sudah dinilai sebagai 'beban IHSG'," kata dia, dalam riset hariannya, Selasa.

Dengan melihat sinyal tersebut, William memproyeksi, pada sesi perdagangan Rabu (7/12/2022) hari ini, IHSG akan bergerak fluktuatif cenderung melemah. Ia menyebutkan, IHSG akan bergerak pada rentang 6.740-6.926.

"Melihat kondisi pasar yang masih membuka peluang untuk buy on weakness, saran kami adalah memanfaatkan setiap pelemahan untuk melakukan strategi tersebut," tuturnya.

Untuk perdagangan hari ini, William merekomendasikan saham HRUM (buy on weakness), IMJS (buy), PGAS (buy), MEDC (sell on strength), dan INKP (sell on strength).

Sentimen fluktuasi nilai tukar rupiah

Senada, CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya menyebutkan, IHSG berpotensi terkoreksi terbatas hari ini. Menurutnya, pola pergerakan IHSG masih dibayangi oleh gelombang tekanan yang terlihat belum akan berakhir. 

Sedangkan pola gerak IHSG juga akan dipengaruhi oleh sentimen dari fluktuasi nilai tukar rupiah. Selain itu, pekan ini para investor asing masih mencatatkan capital outflow. 

"Namun mengingat hingga saat ini kondisi perekonomian Indonesia masih berada dalam kondisi stabil maka peluang teknikal rebound masih terbuka lebar, hari ini IHSG berpotensi terkoreksi terbatas," tuturnya.

Pada sesi perdagangan kali ini, saham yang menarik untuk diperhatikan versi William ialah ITMG, BMRI, ICBP, BSDE, BBRI, EXCL, dan INDF.

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis atau sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

https://money.kompas.com/read/2022/12/07/070000026/tekanan-terhadap-ihsg-diproyeksi-berlanjut-cermati-saham-saham-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke