Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cek Langsung Seleksi PPPK Nakes, Menteri PAN-RB Pastikan Tidak Ada Joki Tes

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas mengecek langsung pelaksanaan seleksi kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tenaga kesehatan 2022 di Kantor BKN Regional Surabaya, Rabu (7/12/2022).

Di sana, dirinya mengecek mulai dari tempat transit peserta, fasilitas face recognition (pendeteksi wajah), hingga ruang ujian peserta. Fasilitas face recognition digunakan untuk memastikan yang hadir adalah benar-benar peserta yang bersangkutan alias bukan joki.

“Semangat ya. Percaya pada kemampuan masing-masing. Berdoa. Sudah telepon orang tua? Minta doa bapak/ibu di rumah ya,” kata Anas kepada sejumlah peserta di tempat transit sebelum memasuki tahapan ujian di kelas, dikutip dalam siaran pers Kementerian PAN-RB.

Secara umum, mantan Kepala LKPP ini cukup puas dengan mekanisme seleksi di titik lokasi ini. Badan Kepegawaian Negara (BKN), menurut Anas, telah melaksanakan seleksi ini secara transparan. Terbukti dengan adanya live score hasil Computer Assisted Test (CAT) yang disiarkan melalui kanal YouTube masing-masing Kantor Regional (Kanreg) BKN.

“Tetapi, memang ada beberapa evaluasi, terutama soal penguatan digitalisasinya. Kemudian tempat juga harus diatur yang baik,) agar peserta bisa nyaman. Sirkulasi udara, fasilitas toilet, semua harus bagus. Kita semua berutang budi kepada para peserta tes PPPK karena sebelumnya telah bekerja bagi Republik ini, maka fasilitas di tempat tes juga harus membuat mereka nyaman,” ucapnya.

Kunjungan ke sejumlah lokasi tes PPPK juga dilakukan Anas untuk mendapat masukan dari para peserta tes, termasuk masukan terkait alur, penataan tempat, dan efektivitas pelaksanaan tes.

“Kami menyerap masukan dari berbagai pihak, termasuk dari peserta yang merasakan langsung di titik lokasi,” kata dia.

Tahun ini, pemerintah menetapkan 518.040 formasi PPPK, yang terdiri atas 93.197 formasi di tingkat pusat dan 424.843 formasi di daerah. Untuk formasi di daerah, terdiri atas 319.029 PPPK guru, 80.049 PPPK tenaga kesehatan, dan 25.765 PPPK tenaga teknis.

Dalam peninjauan itu, Menteri PAN-RB didampingi oleh Kepala Kantor Regional II BKN Surabaya M. Ridwan, Kepala Biro Kepegawaian Kementerian Pertahanan Brigjen TNI Kosasih, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Jatim Benny Sampirwanto, serta Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jatim Indah Wahyuni.

https://money.kompas.com/read/2022/12/08/121000326/cek-langsung-seleksi-pppk-nakes-menteri-pan-rb-pastikan-tidak-ada-joki-tes

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke