Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perusahaan Produksi Mainan Mattel Ekspansi Pabrik, Serap 2.500 Pekerja

Hal ini sejalan dengan langkah strategis Kementerian Perindustrian yang tengah memacu pengembangan industri di dalam negeri yang berbasis padat karya dan berorientasi ekspor.

"“Dengan perluasan tersebut, PT Mattel Indonesia diproyeksikan akan menciptakan sekitar 2.500 pekerjaan baru bagi pekerja Indonesia,” katanya di Cikarang, Kamis (8/12/2022).

Dia menyebutkan, saat ini terdapat 131 perusahaan industri mainan berskala besar sedang di Indonesia, dengan jumlah tenaga kerja yang mencapai kurang lebih 36.000 orang.

Perkembangan industri mainan nasional pun kata Reni, menunjukan tren yang meningkat, di mana nilai ekspor pada periode Januari-September 2022 mencapai 383 juta dollar AS atau meningkat 29,83 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai 295 juta dollar AS.

Hingga saat ini, negara utama tujuan ekspor mainan Indonesia adalah Amerika, Singapura, Inggris, China dan Jerman. Jenis mainan yang paling banyak diekspor adalah boneka, stuffed toy dan mainan model yang diperkecil.

"Tahun 2022 adalah momentum kebangkitan ekonomi, namun juga merupakan tahun yang penuh tantangan dalam aspek sosial dan ekonomi. Pandemi Covid-19 yang telah melandai, akhir-akhir ini kembali menunjukkan peningkatan yang perlu kita waspadai," ucapnya.

Kondisi ini berdampak kepada negara-negara di dunia termasuk Indonesia yang mengakibatkan tingginya inflasi, kenaikan harga komoditas utama seperti gandum dan minyak, serta risiko resesi yang ada di depan mata.

"Namun demikian dengan ketidakpastian kondisi dan situasi yang ada, dapat saya sampaikan bahwa pembangunan sektor industri pengolahan non-migas masih mampu untuk tumbuh positif," tuturnya.



Sinyal positif kinerja sektor industri pengolahan non-migas terlihat dari beberapa indikator makro, antara lain sektor industri pengolahan non-migas pada triwulan III/2022 tumbuh sebesar 4,88 persen dan merupakan sumber pertumbuhan tertinggi yaitu sebesar 0,99 persen dari pertumbuhan ekonomi nasional yang mencapai 5,72 persen.

Kontribusi industri pengolahan non-migas terhadap PDB pada triwulan III/2022 mencapai sebesar 16,10 persen dimana angka ini merupakan yang tertinggi di antara sektor ekonomi lainnya.

Hingga September 2022, nilai ekspor industri pengolahan non-migas mencapai 156,18 miliar dollar AS atau surplus 20,78 miliar dollar AS. Nilai tersebut memberikan kontribusi sebesar 71,20 persen terhadap total ekspor nasional yang mencapai angka 219,35 miliar dollar AS.

Dengan komoditi ekspor utama yaitu industri makanan dan minuman (35,99 miliar dollar AS), industri logam dasar (32,93 miliar dollar AS), dan industri bahan kimia dan barang dari bahan kimia (16,88 miliar dollar AS).

https://money.kompas.com/read/2022/12/08/141244026/perusahaan-produksi-mainan-mattel-ekspansi-pabrik-serap-2500-pekerja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke