Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Awas Penipuan! Jangan Asal Install Aplikasi BCA

Modus penipuan ini sudah merambah ke berbagai platform komunikasi, mulai dari media sosial, WhatsApp, hingga email.

Untuk itu, BCA mengimbau nasabahnya agar berhati-hati pada modus penipuan ini. Pasalnya, tautan berbahaya tersebut digunakan penipu untuk mengambil data-data pribadi perbankan korban sehingga penipu bisa mengakses akun BCA korban.

Dalam website resminya dikutip Kamis (8/12/2022), BCA membagikan kiat-kiat agar nasabah tidak terjebak oleh modus penipuan yang meminta nasabah menginstall aplikasi BCA, yaitu:

1. Pastikan aplikasi resmi BCA

Ketika pelaku mengirimkan tautan untuk menginstall aplikasi BCA baik dari WhatsApp maupun media sosial yang mengatasnamakan BCA, jangan gegabah untuk langsung melakukannya.

Pasalnya, ketika Anda mengklik tautan berbahaya tersebut dan menginstall aplikasi BCA, tiba-tiba perangkat Anda tidak dapat bekerja lagi dan data-data pribadi perbankan Anda dapat dicuri.

Harap diperhatikan, aplikasi-aplikasi resmi BCA hanya dapat diunduh dan diinstall dari sumber yang resmi, seperti Google Play Store,mApple Store, dan Huawei App Gallery.

Selain itu, sebelum menginstall aplikasi, pastikan terlebih dahulu penerbit aplikasi tersebut adalah PT Bank Central Asia Tbk dan bukan yang lain.

2. Pastikan nomor dan akun resmi BCA

Ketika menerima pesan atau panggilan dari seseorang yang mengatasnamakan BCA, harap pastikan terlebih dahulu nomor atau akun yang menghubungi itu resmi dari BCA atau bukan.

Sebab, BCA hanya akan menghubungi nasabahnya melalui nomor telepon Halo BCA 1500888 tanpa awalan apapun, WhatsApp Bank BCA yang sudah centang hijau di nomor 0811500998, dan akun resmi media sosial BCA yang sudah terverifikasi.

3. Jangan berikan data pribadi

Untuk menghindari adanya data yang bocor, nasabah juga perlu hati-hati mengamankan data-data pribadi perbankan miliknya.

Jangan sekali-kali membagikan atau memberitahukan nomor kartu ATM, PIN, CVC/CVV, Expired date, OTP, User ID, Respon token KeyBCA, dan lain-lain kepada siapapun termasuk pihak yang mengatasnamakan BCA.

Pastikan, data-data tersebut dijaga dengan baik supaya tidak terjadi hal yang membahayakan akun BCA Anda.

Itulah kiat-kiat yang perlu diketahui nasabah BCA agar selalu waspada terhadap penipuan online yang mengatasnamakan bank BCA.

Selalu ingat, jangan pernah mengunggah atau menginstall aplikasi BCA dari sumber yang tidak jelas termasuk tautan penipuan.

https://money.kompas.com/read/2022/12/08/151100426/awas-penipuan-jangan-asal-install-aplikasi-bca

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke