Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

GOTO: Tidak Ada Peserta ESOP yang Menjual Saham Rp 2 ke Pasar

Direktur GoTo Gojek Tokopedia Melissa Siska Juminto mengatakan, harga Rp 2 merupakan harga strik price atau harga pelaksanaan yang harus dibayar karyawan atau konsultan untuk mengekekusi opsi ESOP. Apabila peserta program mengeksuksi haknya, maka mereka akan mendapatkan saham GOTO.

Oleh karenanya, Melissa menegaskan, transaksi sebesar Rp 2 yang terjadi pasar negoisasi bukan berarti peserta ESOP menjual sahamnya seharga tersebut di pasar. Ia mengatakan tidak ada peserta ESOP yang menjual saham seharga Rp 2 ke pasar.

"Tidak ada peserta program ESOP atau program opsi saham karyawan yang menjual saham yang dimilikinya ke pasar dengan harga Rp 2 per saham," kata dia dalam paparan publik insidentil, Kamis (8/12/2022).

Lebih lanjut ia menjelaskan, ESOP sebenarnya merupakan program yang sudah biasa dilakukan oleh perusahaan lain. Program ini dilakukan berkaitan dengan kinerja individu dan perseroan.

"Program ini juga suddah kami sampaikan dalam prospektus IPO perseoran," ujarnya.

Setelah periode penguncian atau lock up saham selesai, Melissa menambah, peserta program dapat melaksanakan hak atas saham mereka dengan cara membeli dan membayarkan opsi saham yang dimilikinya. Dalam hal ini, sebagian besar sejumlah Rp 2.

Apabila peserta program telah melakukan pembayaran maka mereka akan memperoleh saham GOTO dan menjadi pemegang saham perusahaan yang memiliki hak yang sama dengan peserta program ritel lainnya.

"Penting untuk dicatat pelaksananan opsi peserta ESOP ini bukan berati peserta ESOP menjual sahamnya," ucap Melissa.

Sebagai informasi, berdasarkan dokumen bahan paparan publik insidentil GOTO, terdapat 9.761 peserta ESOP. Adapun 3.414 di antaranya sudah mengajukan pelaksanaan opsi ESOP, namun baru 2.585 peserta yang telah melaksanakan opsi tersebut.

https://money.kompas.com/read/2022/12/08/173500626/goto--tidak-ada-peserta-esop-yang-menjual-saham-rp-2-ke-pasar

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke