Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mahfud MD: Buruh dan Pengusaha Saling Membutuhkan, Keduanya Setara

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD yang membuka Rampinas tersebut mengatakan, buruh dan pengusaha harus terus saling berkomunikasi. Menurutnya, kedudukan pengusaha dan pekerja setara.

"Jangan ada salah satu yang merasa paling tinggi, baik buruh maupun pengusaha itu saling membutuhkan, keduanya setara. Jadi, komunikasinya harus cair," ujarnya.

Mahfud menambahkan bahwa pemerintah selalu berusaha semaksimal mungkin menjadi penengah antara kepentingan buruh dan pengusaha.

"Itulah sebabnya itu pemerintah selalu menjadi penyeimbang antara kepentingan buruh dan pengusaha. Dan buruh punya hak untuk melawan kalau ditindas," kata dia.

Menurut Mahfud, KSPSI sebagai konfederasi buruh harus tetap kritis dalam menyampaikan pendapatnya jika kebijakan pemerintah dianggap tidak berpihak kepada buruh.

"Kritis terhadap kebijakan pemerintah tetapi tetap membuka ruang dialog terbuka dengan pemerintah," ucap Mahfud.

Sementara itu, Presiden KSPSI Andi Gani mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh keluarga besar KSPSI. Karena, loyalitas dan militansi seluruh anggota yang terus setia memperjuangkan kepentingan buruh dan keluarganya dengan aksi-aksi damai.

"Kita boleh berjuang sekeras mungkin menuntut pemerintah tapi harus tetap patuh terhadap aturan aturan hukum dalam menyampaikan pendapat," ujarnya.

Andi Gani yang juga Komisaris Utama PT PP ini melihat ke depan tantangan dan isu-isu ketenagakerjaan makin berat. Mulai dari persoalan upah, serapan tenaga kerja, dan kompetensi pekerja yang harus terus ditingkatkan.

Untuk itu, dia berharap KSPSI akan terus menjadi garda terdepan membela hak-hak buruh Indonesia. Dalam kesempatan tersebut, dirinya pun menyampaikan penghargaan kepada Brigade Tanggap Bencana KSPSI yang langsung terjun membantu masyarakat Cianjur yang tertimpa musibah gempa.

"Selama 12 hari Brigade Tanggap Bencana KSPSI membantu evakuasi korban, trauma healing untuk korban gempa, dan memberikan bantuan sembako," pungkas Andi Gani.

https://money.kompas.com/read/2022/12/08/180200026/mahfud-md--buruh-dan-pengusaha-saling-membutuhkan-keduanya-setara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke