Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Erick Thohir: Gernas BBI Bisa Dorong UMKM Kalbar Go Global

Hal ini diwujudkan melalui serangkaian kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) 2022. Erick berharap kolaborasi ini bisa mendorong pelaku UMKM di Kalbar untuk memunculkan produk yang lebih inovatif untuk memperkaya kreasinya.

“Rangkaian kegiatan yang dimulai sejak September tahun 2022 telah berjalan baik dan dapat mendorong munculnya produk-produk daerah setempat yang makin memperkaya kreasi anak bangsa untuk kemudian UMKM Kalbar bisa Go Global,” ujar Erick dalam siaran pers, Sabtu (10/12/2022).

Erick mengatakan, dengan mengusung tema Corak-Corak Kalbar Membangun UMKM Kalbar Go Global, Kementerian BUMN mendorong UMKM lokal untuk meningkatkan kapasitas mereka sehingga tidak hanya berkembang di dalam negeri tapi juga mendunia.

Mantan Presiden Inter Milan itu memastikan untuk mendorong UMKM, Kementerian BUMN dan BUMN akan terus hadir dan berupaya menumbuhkembangkan UMKM di Indonesia. Selama 3 bulan terakhir, telah diselenggarakan sejumlah kegiatan yang ditujukan untuk kemajuan UMKM.

Dukungan berupa pelatihan dan pendampingan bagi UMKM terkait prosedur ekspor, perluasan akses pemasaran dengan cara showcase produk secara luring di beberapa lokasi strategis maupun secara daring melalui virtual expo paviliun Gernas BBI, serta business matching antara BUMN dan pelaku UMKM Kalimantan Barat.

Gernas BBI Kalbar ini melibatkan 1.900 UMKM mitra Rumah BUMN, dan mendorong 30 UMKM onboarding di Platform Digital (PaDi) UMKM. Program Gernas BBI Kalbar mampu menghasilkan kinerja yang baik. UMKM Kalbar mampu mendapatkan akses permodalan yang dapat mendukung mereka naik kelas.

Menurut data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Gernas BBI Kalbar turut mendukung penyaluran kredit digital UMKM (digiKU) yang digawangi Himbara, di Kalimantan Barat sebesar Rp 200 miliar selama periode Agustus-Oktober 2022.

Tak hanya itu, Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang disalurkan ke lebih dari 75.000 UMKM di Kalbar mencapai lebih dari Rp 4,26 triliun sepanjang Januari-November 2022. Sementara itu, selama periode yang sama, tujuh UMKM eksportir asal Kalbar mencatat transaksi mencapai lebih dari Rp 1,1 triliun.

“Kementerian BUMN, beserta BUMN akan terus hadir dalam upaya menumbuhkembangkan UMKM di Indonesia. Dengan peran UMKM sebagai tulang punggung perekonomian sudah sejatinya kita perlu dukung dan dorong bersama, peningkatan kapasitas UMKM termasuk dalam berbagai bentuk program keberpihakan. Hal ini sebagai salah satu ikhtiar dalam membumikan produk lokal di Indonesia,” kata Erick.

Di lokasi yang sama, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan, konsistensi dalam kolaborasi menjadi kunci keberhasilan Gernas BBI yang telah terselenggara di 25 provinsi di Indonesia, termasuk Kalimantan Barat yang terpilih menjadi provinsi penutup Gernas BBI tahun ini.

“Dari acara ini ditargetkan terjadi transaksi sebesar Rp 20 triliun, dengan 70 persen produk yang dijual adalah produk dalam negeri. Untuk itu kita harus cerdas berbelanja, kita utamakan produk anak bangsa,” kata Luhut.

https://money.kompas.com/read/2022/12/11/100500326/erick-thohir--gernas-bbi-bisa-dorong-umkm-kalbar-go-global

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke