BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Gojek
Salin Artikel

GoTo Financial Raih Dua Penghargaan di Ajang The Asian Banker: Excellence and Strongest Banks in Asia Awards 2022

Ajang penghargaan tersebut diadakan oleh salah satu platform terkemuka di industri perbankan dan jasa keuangan yang berbasis di Singapura, The Asian Banker.

The Asian Banker memberikan penghargaan Excellence and Strongest Banks in Asia Awards 2022 kepada 22 lembaga keuangan terkuat pada 2022 setelah menganalisis data dari 500 perusahaan yang bergerak di bidang perbankan dari kawasan Asia, Timur Tengah, dan Afrika.

Adapun penghargaan pertama yang diterima GTF ditujukan untuk GoPay. Layanan ini didapuk sebagai Best Digital Wallet in Indonesia atau Dompet Digital Terbaik di Indonesia.

Sebagai platform e-wallet terbesar di Indonesia, GoPay menyediakan sistem pembayaran sekali klik, layanan transfer, serta menjadi solusi pembayaran dalam ekosistem GoTo dan mitra.

Adapun kemudahan yang ditawarkan GoPay dinilainya menjadi salah satu faktor utama dalam penilaian penghargaan tersebut.

GoPay juga terus berinovasi menyempurnakan layanannya untuk mengiringi kebutuhan pengguna. Saat ini, layanan tersebut tidak hanya dimanfaatkan masyarakat sebagai alat pembayaran semata, tapi juga dapat membantu pengguna untuk mengelola keuangan mereka lewat fitur riwayat transaksi, paylater, serta investasi.

Menurut riset InsightAsia yang dilakukan pada Oktober 2022, GoPay menjadi pemimpin pasar e-wallet di Indonesia. Berdasarkan data yang diambil pada Oktober 2022, sebanyak lebih dari 71 persen pengguna dompet digital pernah menggunakan layanan GoPay.

Lewat konsistensi dalam menyediakan layanan terbaik untuk pengguna, GoPay berhasil meraih kepercayaan tertinggi dari konsumen dengan tingkat kepuasan di angka 84 persen dari pengguna.

Head of Consumer Payments GoTo Financial Sudhanshu Raheja mengatakan bahwa sebagai salah satu brand dompet digital yang pertama hadir di Indonesia, GTF melalui Gopay merasa bangga karena dapat menyaksikan transformasi pembayaran digital hingga saat ini.

“Hal tersebut sejalan dengan misi GTF. Kami harap, maraknya pembayaran digital, termasuk e-wallet (yang kini tersedia), dapat membuka akses masyarakat menuju layanan keuangan lainnya,” ujar Sudhanshu dalam siaran tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (13/12/2022).

Membantu UMKM berkembang

Selain GoPay, bagian dari grup GTF lainnya yang memenangkan penghargaan adalah Midtrans. Midtrans berhasil memenangkan penghargaan untuk kategori Best Merchant Service in Indonesia atau Layanan Usaha Terbaik di Indonesia.

Sebagai informasi, Midtrans menawarkan layanan payment gateway yang berizin dan diawasi Bank Indonesia. Layanan ini dihadirkan untuk mendukung pelaku bisnis mengembangkan usaha mereka.

Midtrans memiliki akses untuk 25 metode pembayaran, seperti GoPay, transfer bank, kartu debit, kartu kredit, akun virtual, Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS), serta pembayaran di minimarket.

Kelebihan tersebut membuat Midtrans dapat membantu pelaku usaha dalam melakukan proses transaksi dan verifikasi dengan mudah dan cepat. Dengan demikian, para merchant dapat fokus dalam mengembangkan ekspansi bisnis.

Berdasarkan riset yang dilakukan Lembaga Demografi Universitas Indonesia berjudul “Peran GoTo Financial terhadap Inklusi Keuangan Indonesia” pada 2021, GTF terbukti menjadi solusi bisnis yang memberikan dampak positif terhadap perkembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) melalui peningkatan skala usaha dan efisiensi operasional.

Riset tersebut menjabarkan, mayoritas UMKM menggunakan produk GoTo Financial, termasuk Midtrans. Platform ini juga membantu mereka berjualan online untuk pertama kalinya.

Head of Merchant Payments GoTo Financial Pratyush Prasanna mengatakan bahwa sebagai bagian dari GoTo Financial, Midtrans terus berkomitmen untuk mendukung pelaku bisnis mengembangkan usaha mereka. Terlebih, teknologi Midtrans memungkinkan pelaku bisnis untuk memproses transaksi online dengan mudah, aman, dan cepat. Dengan demikian, pengelolaan usaha menjadi semakin efisien.

“Kami bangga atas pencapaian GTF pada Excellence and Strongest Banks in Asia Awards 2022. Penghargaan ini akan memotivasi kami untuk memberikan layanan terbaik bagi semua pengguna,” ujar Pratyush.

Pada kesempatan sama, pihak The Asian Banker turut memberikan pandangannya terhadap perkembangan layanan perbankan, khususnya yang berbasis digital, di Asia. Menurutnya, industri jasa keuangan telah mengalami perubahan yang paling mendalam secara menyeluruh pada dekade ini.

Pandangan tersebut sejalan dengan hasil temuan Google, Temasek, serta Bain and Company dalam laporan The e-Conomy SEA 2022. Laporan itu mencatat bahwa perkembangan kegiatan ekonomi digital di Asia meningkat hingga dua kali lipat dari 2019 hingga 2022.

Hal tersebut dinilai dapat memberikan banyak kesempatan dan peluang baru bagi perusahaan perbankan untuk melakukan transformasi.

https://money.kompas.com/read/2022/12/15/173100726/goto-financial-raih-dua-penghargaan-di-ajang-the-asian-banker--excellence-and

Bagikan artikel ini melalui
Oke