Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menhub: Arab Saudi dan India Berminat Kembangkan Bandara Kertajati

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, Pemerintah India dan Arab Saudi berminat untuk mengembangkan Bandara Kertajati di Jawa Barat.

Budi mengatakan, minat kedua negara tersebut merupakan salah satu hasil dari kunjungan kerja Kemenhub beberapa waktu yang lalu.

"Kami menawarkan bersama Pemda Jawa Barat untuk kita dilusi, artinya dari India dan dari Arab Saudi berminat untuk membeli saham dari (Bandara) Kertajati," kata Budi dalam Jumpa Pers Akhir Tahun 2022 di Gedung Kemenhub, Jakarta, Selasa (27/12/2022).

Menhub Budi juga mengatakan, dalam rangkaian kunjungan kerja tersebut, pihaknya meminta agar Pemerintah Arab Saudi untuk melakukan penerbangan pesawat langsung dari Arab Saudi menuju Bandara Kertajati.

Ia mengatakan, langkah ini akan mendorong peningkatan konektivitas di Bandara Kertajati.

"Untuk Arab Saudi, Qatar, kami minta penerbangan ke jumlah yang lebih besar, kepada Arab Saudi kami secara khusus minta mendedikasikan penerbangan dari Saudi langsung ke Kertajati," ujarnya.

Lebih lanjut, Budi mengatakan, Presiden Joko Widodo juga menyetujui agar Bandara Kertajati tidak hanya melayani penumpang. Namun, bisa melayani penerbangan kargo.

"Presiden (Jokowi), saya laporkan sangat setuju Bandara Kertajati tidak hanya sebagai bandara terbang saja tetapi juga untuk kargo karena dekat Pelabuhan Patimban," ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2022/12/27/211000826/menhub--arab-saudi-dan-india-berminat-kembangkan-bandara-kertajati

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke