Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Harga Minyak Dunia Turun Tipis, Dipengaruhi China Lepas "Zero Covid" hingga Badai Musim Dingin AS

Mengutip Bloomberg, harga minyak mentah Brent turun tipis 0,4 persen menjadi 82,86 dollar AS per barrel. Sementara itu, harga West Texas Intermediate (WTI) terkoreksi 0,5 persen menjadi 78,41 dollar AS per barrel.

"Prospek masih sangat tidak pasti untuk pasar minyak. Keberhasilan China dalam menghindari Zero Covid bisa menjadi kunci pemulihan tetapi akan membutuhkan waktu untuk memahami implikasinya terhadap permintaan minyak," kata Craig Erlam, analis pasar senior di Oanda.

Minyak mentah sepanjang 2022 bergejolak, setelah invasi Rusia ke Ukraina dan kemudian secara bertahap mundur karena kekhawatiran akan perlambatan ekonomi global .

Di sisi lain, kebijakan China melepas kebijakan Zero Covid menghantam pasar yang rentan terhadap perubahan tajam karena kurangnya likuiditas.

Di sisi lain, sentimen juga muncul dari rencana Presiden Rusia Vladimir Putin untuk melarang penjualan minyaknya ke negara G-7 mulai 1 Februari 2023. Hal ini merespon upaya G7 untuk membatasi harga jual minyak Rusia.

Di AS, badai musim dingin yang membawa suhu ke titik beku mendorong kilang minyak dan gas (migas) di North Dakota dan Texas memotong produksinya. Pemulihan diperkirakan akan berlangsung hingga Januari tahun depan.

https://money.kompas.com/read/2022/12/29/094000226/harga-minyak-dunia-turun-tipis-dipengaruhi-china-lepas-zero-covid-hingga-badai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke